Sabtu, 24 November 2018

Cara Cek No Kk (Kartu Keluarga) Online 2019

Loading...
loading...
Akhir tahun yang lalu pemerintah membuat program, pendaftaran kartu prabayar harus menggunakan NIK yang terdapat di KTP dan KK (kartu keluarga). Ini membuat banyak orang bingung. Apalagi yang berada di luar kota. Belum tentu membawa kartu keluarga kemana-mana. Sekarang anda tak perlu bertanya ke keluarga di rumah atau membawa kk kemana-mana, karena pemerintah memberikan layanan cek no kk online. Cara cek no kk ini sangat mudah. Terhubung langsung ke semua sistem.

Sepertinya pemerintah mulai menerapkan sistem online dalam berbagai aspek. Sehingga nantinya, untuk melihat dokumen diri sendiri. Bisa dilakukan dengan online. Pendaftaran kartu prabayar dengan memakai KK ini, juga untuk meminimalisir terjadinya penipuan. Selain itu, pendataan diri dan pencarian orang lebih mudah. Ketika ada kejahatan lewat nomor telepon. Bisa langsung dilacak dengan data diri nomor Kknya.
 Akhir tahun yang lalu pemerintah membuat program Cara Cek No Kk (Kartu Keluarga) Online 2019

Lalu bagaimana kalau no kk kita digunakan atau disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab? Pemerintah mengeluarkan layanan untuk pengecekan no kk online. Pelanggan bisa tahu no kk tersebut digunakan oleh siapa saja. Apakah ada nomor yang tak dikenal atau tidak. Nantinya proses pengecekan ini, juga bisa dilakukan lewat sms. Jadi semua provider di indonesia, memberikan layanan untuk pengecekan status no kk pelanggan tersebut.

Apa Itu Kartu Keluarga
Apa itu kartu keluarga atau KK. Kartu keluarga merupakan sebuah dokumen kewarganegaraan, yang harus dimiliki oleh semua keluarga. Berisi data diri dari susunan keluarga yang ada di sebuah rumah. Berisi suami, istri dan anak. Bisa juga dimasukan keluarga tambahan,. Seperti nenek, paman, bibi, anak angkat dan lainnya. Tentunya dengan keterangan yang jelas.
Kartu keluarga ini digunakan untuk berbagai hal. Membuat KTP, SIM, surat berkelakuan baik, Ijazah dan masih banyak lainnya. Jadi hampir semua dokumen dibuat dengan menggunakan kartu keluarga. Pembuatan kartu keluarga bisa langsung ke kantor kelurahan dan kecamatan. Dengan semua data keluarga yang dimiliki. Termasuk saat ini, kk digunakan untuk pendaftaran kartu prabayar. Jika tidak didaftarkan kartu anda akan hangus.

Cara Cek No KK Online
Lalu bagaimana cara cek no kk online? Ada dua cara yang bisa anda lakukan. Melalui website resmi dukcapil kementrian dalam negeri atau melalui website dukcapil di setiap wilayah. Karena saat ini setiap provinsi, memiliki website dukcapil sendiri. Menjadi layanan untuk semua warga di daerah tersebut. Jadi setiap provinsi memiliki website yang berbeda. Jika anda mengecek di wesbite dukcapil pusat, hanya bisa melihat status dari no kartu keluarganya. Begini caranya:
  • Masuk ke website dukcapil wilayah anda.
  • Login menggunakan akun anda. Kalau belum punya silahkan melakukan pendaftaran online
  • Dibagian e-service, masukan no NIK ktp milik anda. Pastinya semua orang membawa ktpnya sendiri
  • Klik cek
  • Nanti akan muncul data lengkap mengenai no kk dan keterangan lainnya. Seperti alamat, tanggal lahir, status dan lainnya.
Mudah bukan? Mungkin nantinya, akan lebih praktis lagi. Misalnya dengan menggunakan aplikasi atau sms. Selain itu bisa terhubung langsung dengan dokumen lainnya.sehingga kita tak perlu takut dokumen hilang atau rusak. Karena semua sistemnya sudah tersimpan secara online. Anda pun tak perlu membawa kk kemana-mana. Cukup tinggalkan di rumah dan disimpan di tempat aman. Sekian artikel tentang cara cek no kk online. Semoga memberikan informasi bermanfaat.