Kamis, 07 Mei 2020

5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Memilih Kipas Angin

Momod ads.id
Kipas angin sangatlah berguna untuk menyejukkan ruangan yang panas, di pasaran sendiri sudah tersedia banyak sekali pilihan jenis kipas angin yang beragam. Semua jenis atau model kipas angin tersebut hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan masing-masing, lalu apakah anda tahu bahwa kesalahan dalam memilih produk kipas angin sering terjadi pada pelanggan. Kesalahan tersebut biasa terjadi karena kurangnya pertimbangan pembeli saat memilih produk kipas angin.

Berikut 5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Memilih Kipas Angin

1. Salah Memperhitungkan Luas Ruangan
Source images : gfstudio.net
Dalam memilih kipas angin kita juga harus selektif, apabila kita salah dalam memilih kipas angin bukan tidak mungkin akan membuat suasana di ruangan menjadi kurang nyaman atau semacamnya. Misalnya saja jika ruangan anda sangat sempit sedangkan kipas angin yang anda pasang di ruangan tersebut adalah kipas angin model berdiri yang makan banyak ruang atau tempat, tentu saja ruangan tersebut akan menjadi semakin sesak karena kipas angin model berdiri tidak cocok untuk dipakai pada ruangan yang sempit.

Akan tetapi, jika anda memasang kipas angin model dinding pada ruangan sempit  tersebut maka suasana pada ruangan yang sempit tersebut akan menjadi lebih baik karena kipas angin model dinding tidak akan memakan banyak tempat di ruangan anda sebab kipas anginnya menempel di dinding layaknya seperti pigora.

2. Memasang Kipas Angin Model Ceiling Fan Secara Sembarangan
Source images : www.allgreensites.com
Ceiling Fan adalah kipas angin yang diperuntukkan hanya untuk dipasang pada langit-langit ruangan. Namun perlu diingat bahwa tidak semua ruangan akan aman saat dipasang kipas angin model ini, jika langit-langit pada ruangan anda sangat rendah maka tidak direkomendasikan untuk dipasang kipas angin Ceiling Fan ini, sebab jika dipasang maka hal ini akan membahayakan penghuni ruangan tersebut karena kipas angin Ceiling Fan sendiri merupakan kipas angin tanpa kerangka pelindung baling-baling.

Jika memang ingin memasang kipas angin model Ceiling Fan, maka pastikan tinggi langit-langit pada ruangan anda minimal 3 meter jika tidak maka lebih baik memasang kipas angin model lain. Ceiling Fan sebenarnya sangat ideal untuk dipasang pada ruangan yang luas dan tinggi karena jangkauan hembusan angin kipas ini sangat luas mampu menjangkau ke seluruh tempat, anginnya juga datang dari atas ke bawah sehingga akan sangat maksimal untuk menyejukkan ruangan.

3. Salah Menempatkan Kipas Angin Duduk
Source images : thegearhunt.com
Jika anda telah berkeluarga dan sudah mempunyai anak kecil maka saya sarankan untuk menjauhkannya dari kipas angin model duduk atau meja, hal ini perlu anda lakukan demi keamanan anak anda. Memang kipas angin model duduk tersebut sudah dilengkapi dengan penutup atau kerangka pelindung baling-baling, namun tangan anak kecil masih bisa menyelip masuk ke dalam kerangka tersebut. Memang sangatlah beresiko jika menaruh kipas angin model duduk di tempat yang bisa dijangkau anak kecil yang masih dalam proses perkembangan dan keingintahuan yang banyak, tentu saja anak kecil belum mampu membedakan  barang berbahaya dan karenanya kita harus mengawasinya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Jika demikian maka lebih disarankan anda memilih menggunakan kipas angin model berdiri atau jenis lainnya yang aman untuk anak kecil.

4. Tidak Mengutamakan Kualitas Produk Disaat Membeli
Source images : www.hartonoelektronika.com
Kesalahan lainnya yang juga sering terjadi saat memilih produk kipas angin adalah melupakan masalah kualitas produk kipas angin yang mau dibeli, memang pada umumnya konsumen selalu memilih barang yang murah, tentu tidak ada salahnya untuk memilih barang yang murah tersebut. Akan tetapi, yang perlu anda perhatikan di saat membeli adalah jangan terlalu tergiur dengan harga produk yang murah karena yang biasa terjadi adalah produk tersebut tidak akan mampu memberikan kepuasan pada anda, terutama pada saat memilih produk kipas angin anda juga harus memperhatikan dengan seksama masalah kualitasnya.

Disaat membeli kipas angin baru sangatlah disarankan untuk mencobanya terlebih dahulu sebelum melakukan proses pembayaran dengan penjual, cobalah anda nyalakan kipas angin yang ingin dibeli. Kipas angin yang berkualitas biasanya dapat memberikan hembusan angin yang kuat atau kencang, komponen kipas anginnya juga kokoh tidak membuat getaran yang berisik saat dinyalakan.

5. Tidak Mempertimbangkan Daya Yang Dipakai 
Source images : www.indiamart.com
Tentunya semua alat listrik selalu mengkonsumsi daya listrik untuk dapat digunakan, semakin besar nilai daya listrik yang dipakai oleh sebuah alat listrik maka akan semakin besar pula biaya tagihan listrik yang harus dibayar. Nah, yang sering terjadi adalah konsumen barang elektronik biasanya tidak terlalu memperhatikan masalah daya listrik, padahal biaya listrik di rumah bisa dibilang cukup besar. Mungkin bagi yang mampu, biaya tagihan listrik tersebut bukan menjadi masalah, akan tetapi biaya ini akan cukup besar bagi masyarakat yang kurang mampu.

Jadi bagi yang ingin menghemat tagihan listrik maka anda harus memilih produk kipas angin yang berdaya lebih rendah agar tagihan listrik di rumah tidak membengkak khususnya untuk produk kipas angin karena peralatan yang satu ini sering kali digunakan berjam-jam.

Mungkin itulah beberapa ulasan mengenai kesalahan yang sering terjadi saat memilih kipas angin, semoga sedikit ulasan ini bisa bermanfaat.