Kamis, 07 Mei 2020

Cara Mengatasi Listrik Di Rumah Naik Turun (Tidak Stabil)

Momod ads.id
Pernahkah anda mengalami suatu kondisi dimana tegangan listrik di rumah anda tidak stabil? tegangan listrik yang dimaksud disini adalah listrik dari PLN yang terkadang naik, kadang juga turun. Jika benar demikian, lalu apakah penyebab dari listrik yang tidak stabil tersebut? dan bagaimana cara mengatasinya?

Pada umumnya, tegangan yang normal untuk rumah kita adalah sebesar 220 Volt.
Saat tegangan listrik tidak stabil, biasanya akan naik turun dari 170 sampai 220 Volt, atau bisa juga lebih rendah lagi, untuk mengetahui nilai tegangan listrik tersebut kita dapat menggunakan Volt Meter atau AVO Meter, jadi jika ingin mengetahui kondisi tegangan listrik stabil atau tidaknya maka kita harus menggunakan alat ukur tegangan listrik yaitu Volt Meter atau AVO Meter.

Saat listrik di rumah tidak stabil, terkadang lampu tiba-tiba menjadi redup, dan berselang beberapa lama kemudian lampu menjadi terang kembali, ini menandakan adanya gangguan kelistrikan dirumah kita. Sebenarnya, tegangan yang tidak stabil dapat membahayakan peralatan listrik khususnya peralatan elektronik kita, bahkan tak jarang peralatan listrik ataupun elektronik mengalami kerusakan karena tegangan yang tidak stabil tersebut.

Masalah listrik tidak stabil terkadang hanya terjadi pada satu rumah atau beberapa rumah, karena setelah diperiksa ternyata rumah tetangga sebelah listriknya normal. Atau bisa juga dalam satu rumah beberapa bagian listriknya normal namun bagian yang lain tidak normal atau tidak stabil.

Beberapa penyebab tegangan listrik tidak stabil (naik turun), antara lain :

Terjadi gangguan pada instalasi listrik  dirumah

Adanya kerusakan atau gangguan pada instalasi listrik kita, misalnya kondisi kabel yang digunakan sudah kurang bagus sehingga tidak bisa menghantarkan listrik dengan maksimal, atau kondisi terminal kabel baik itu pada fitting, stop kontak, saklar, steker dalam keadaan yang tidak bagus, kendur/longgar, berpijar atau sudah rusak.

Cara mengatasinya adalah dengan memastikan kabel yang digunakan dalam keadaan bagus, jika kondisinya sudah kurang bagus maka segera lakukan penggantian dengan kabel baru yang berkualitas, kabel yang bagus adalah inti kabelnya berbahan tembaga.

Begitu juga dengan terminal kabel baik itu pada fitting, stop kontak, saklar dan steker harus dalam keadaan bagus dan pastikan kabel yang terpasang pada terminal tersebut terpasang dengan kuat dan rapat (tidak kendur/longgar). terminal kabel yang bagus adalah yang berbahan kuningan, jadi jika ingin mengganti fitting, stop kontak atau lainnya, pilihlah yang terminal kabelnya berbahan kuningan.

Terjadi gangguan pada peralatan listrik atau elektronik

Jika memang tegangan listrik sudah dipastikan normal, namun saat kita sedang menggunakan peralatan listrik atau elektronik tersebut tidak stabil, ini menandakan bahwa peralatan listrik atau elektronik tersebut sudah rusak, sebagai contoh misalnya saja dari beberapa lampu di rumah ada satu lampu yang terkadang redup dan berselang beberapa lama kemudian terang lagi, lalu redup lagi dan seterusnya. maka bisa dipastikan lampu yang terang redup tersebut sudah dalam keadaan kurang bagus atau sudah rusak. Cara mengatasinya adalah dengan memperbaiki atau mengganti peralatan listrik yang tidak normal tersebut.

Terjadi gangguan pada jaringan listrik PLN

Masalah listrik tidak stabil yang terjadi di rumah-rumah juga dapat disebabkan oleh gangguan jaringan listrik PLN, mengingat listrik yang digunakan di rumah-rumah itu berasal dari PLN.

Beberapa gangguan listrik pada jaringan listrik PLN, antara lain :

1. Kelebihan beban di luar jaringan rumah kita. Pemakaian arus listrik yang terlalu besar juga bisa mengakibatkan tegangan turun atau drop.

2. Terdapat kerusakan pada jaringan listrik PLN. Tegangan listrik yang tidak stabil juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan listrik PLN misalnya saja transformator yang rusak atau terdapat masalah pada kabel jaringan listriknya dan berbagai kerusakan lainnya.

3. Jarak rumah yang terlalu jauh
Perlu diketahui bahwa jika jarak rumah kita jauh dari tiang induk PLN maka listrik di rumah kita akan mengalami penurunan tegangan, karena semakin jauh kabel listrik maka tegangan akan semakin menurun.
" Semakin panjang kawat penghantar (kabel), maka akan semakin besar pula hambatan atau resistansinya "...
Jika memang tegangan listrik tidak stabil tersebut terjadi karena adanya gangguan pada jaringan listrik PLN, maka kita tidak dapat memperbaikinya karena selain PLN, dilarang melakukan perbaikan listrik di luar instalasi listrik rumah tangga.

Cara mengatasi listrik yang tidak stabil akibat adanya gangguan jaringan listrik di luar instalasi listrik rumah kita adalah dengan memanggil atau melaporkan gangguan listrik tersebut ke PLN.

Lalu bagaimanakah cara mengetahui penyebab gangguan listrik tersebut, gangguannya dari instalasi rumah kita sendiri, atau di luar instalasi rumah kita?

Mencari penyebab gangguan listrik

Tentunya akan lebih baik jika kita tahu apa sebenarnya penyebab gangguan listrik di rumah kita. Ada cara yang mudah untuk mengetahui letak gangguan tersebut, namun harus menggunakan alat ukur tegangan listrik seperti Multimeter (Voltmeter). Coba test jika saat tidak ada beban (lampu/perangkat listrik) jika kondisi listrik sudah tidak stabil maka besar kemungkinan masalah bukan di jaringan instalasi listrik di rumah kita, tetapi di luar instalasi rumah yaitu pada jaringan listrik PLN.

Titik pengujian bisa dilakukan di panel MCB (jika MCB menggunakan panel). Namun perlu diingat pengujian perlu dilakukan secara hati-hati karena tegangan cukup tinggi sehingga sangat berbahaya bagi manusia. sebaiknya lakukan pemeriksaan atau pengecekan tersebut dengan di dampingi oleh orang yang mengerti tentang listrik.

Beberapa solusi lainnya yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tegangan listrik tidak stabil adalah

Dengan menggunakan peralatan penstabil tegangan listrik seperti stabilizer tegangan AC (Stavolt). Menggunakan UPS untuk perangkat atau peralatan elektronik seperti komputer. UPS memiliki keunggulan karena selain membuat listrik lebih stabil, juga bisa menyimpan energi listrik cadangan. UPS yang bagus umumnya bisa bekerja dalam rentang tegangan yang tidak stabil.

Demikianlah artikel mengenai cara mengatasi listrik di rumah naik turun (tidak stabil), semoga bermanfaat.