Kamis, 07 Mei 2020

Tips Pakai Kipas Angin Yang Benar Dan Aman Untuk Kesehatan

Momod ads.id
Sebagian besar masyarakat Indonesia sering kali menggunakan kipas angin seakan-akan seperti sebuah kebutuhan primer yang sangat pokok, memang karena faktor iklim tropis yang terjadi di Indonesia yang terkenal panas dan terik, maka hal ini secara tidak langsung mengharuskan masyarakatnya untuk memakai pendingin atau penyejuk udara pada ruangan mereka. Di daerah beriklim tropis, penggunaan pendingin udara selalu saja dibutuhkan bahkan pada saat malam hari sekalipun, di saat tidur kipas angin biasa dipakai untuk menghilangkan hawa panas sehingga akan membuat tidur lebih nyaman dan tidur pun menjadi lebih nyenyak.
Source images : www.whitewaternow.com
Dibalik semua manfaat yang diperoleh, ternyata kipas angin juga bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh penggunanya, misalnya saat tidur menggunakan kipas angin yang posisinya kurang baik dapat membuat sakit, bahkan di negara Korea Selatan berkembang sebuah mitos tentang kematian karena penggunaan kipas angin, mereka yaitu tepatnya warga Korea Selatan meyakini bahwa menggunakan kipas angin di saat ruangan tertutup khususnya pada saat tidur akan memicu kematian.

Sebenarnya alasan yang jelas mengapa kipas angin itu berbahaya adalah karena penggunaannya yang tidak tepat yaitu misalnya jika anda menggunakan kipas angin pada ruangan tertutup rapat tanpa ada sirkulasi udara pada ruangan maka kipas angin yang anda gunakan akan berpotensi buruk terhadap kesehatan tubuh anda karena disaat bernafas, tubuh manusia memerlukan oksigen dan dikeluarkan dari tubuh menjadi karbondioksida. Nah, disaat ruangan tertutup karbon dioksida akan mengalami peningkatan konsentrasi sedangkan oksigen akan mengalami penurunan.

Jika paparan konsentrasi karbon dioksida tingkatnya tinggi kondisi ini akan dapat menyebabkan ketidaksadaran, kejang-kejang dan bahkan kematian. tingginya kadar karbon dioksida juga dapat merusak janin yang sedang berkembang.

Lalu, bagaimana cara menggunakan kipas angin yang benar agar aman untuk kesehatan tubuh kita? Beberapa tips berikut ini adalah cara pakai kipas angin yang benar dan aman yang bisa anda coba dan terapkan.

Tips Pakai Kipas Angin Yang Benar Dan Aman Untuk Kesehatan

1. Pastikan Sirkulasi Udara Pada Ruangan Lancar
Source images : www.conservatory-interiors.com
Ruangan yang baik adalah ruangan yang memiliki ventilasi udara yang cukup, jika ruangan tertutup rapat maka hal ini akan sangat membahayakan kesehatan anda seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Setidaknya sediakanlah beberapa cela kecil pada jendela anda atau bisa juga membuat jendela ventilasi udara sendiri. Intinya sediakanlah ventilasi udara pada ruangan agar udara yang ada di dalam ruangan tersebut dapat bersirkulasi dengan baik sehingga ketika anda menggunakan kipas angin, udara dalam ruangan tidak akan membuat anda menjadi sakit.

2. Arahkan Kipas Angin Dengan Benar
Source images : m.republika.co.id
Ketika anda menggunakan kipas angin di dalam ruangan, usahakan jangan mengarahkan hembusan angin secara langsung ke tubuh anda bisa dengan cara memantulkannya ke tembok terlebih dahulu, memang dalam kesehatan sangat tidak disarankan untuk mengarahkan hembusan angin langsung ke tubuh khususnya bagi mereka yang sedang sakit. Dan cara yang terbaik untuk menghindari bahaya penggunaan kipas angin adalah dengan mengarahkan hembusan anginnya ke lubang angin atau ventilasi, hal ini bertujuan untuk mengeluarkan udara bekas serta udara kotor keluar ruangan agar dapat digantikan dengan udara yang segar. Jangan lupa sediakan juga lubang ventilasi udara pada bagian bawah pintu meskipun hanya setinggi 15 mm, agar pasokan udara segar selalu dapat tersalurkan dari luar.

3. Manfaatkan Fitur Sleep Timer Saat Tidur
Source images : www.jammediaone.com
Untuk saat ini beberapa produk kipas angin sudah dilengkapi dengan fitur Sleep Timer yang berguna untuk mematikan kipas angin secara otomatis dalam jangka waktu yang telah diset atau ditentukan sebelumnya. Fitur ini akan sangat berguna jika difungsikan pada waktu tidur karena selain dapat menghemat energi listrik, hal ini juga berguna untuk menjaga tubuh agar tidak kedinginan serta juga untuk menjaga dari hal buruk lainnya disaat anda sedang tidur.

Anda bisa menset waktunya selama 30 menit atau sekitar satu jam disaat anda hendak mau tidur, jadi kipas angin akan mati dengan sendirinya sesuai dengan waktu yang anda set sebelumnya. Hal ini sangatlah baik untuk dilakukan karena dengan menggunakan fitur tersebut kipas angin anda akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

4. Bersihkan Kipas Angin
Source images : www.bobvila.com
Tips yang tak kalah penting lainnya adalah membersihkan kipas angin secara berkala untuk menghindari udara kotor akibat debu pada kipas angin yang kurang baik untuk kesehatan. Debu memang akan selalu ada selama kipas angin digunakan terus menerus, debu tersebut biasa menempel pada bagian kerangka pelindung baling-baling serta baling-balingnya bahkan bagian dalam mesin juga tak luput dari debu-debu kotor ini.

Jadi agar anda terhindar dari resiko terserang penyakit maka pastikan kipas angin anda selalu rutin dibersihkan ketika debu telah menempel banyak pada bagian bagian kipas angin tersebut. Selain bisa berdampak baik pada kesehatan, membersihkan kipas angin dari debu juga dapat memperbaiki suasana ruangan ketika dihuni karena udara dalam kamar menjadi fresh sehingga tidak akan membuat pernafasan menjadi terganggu.

Jadi intinya anda harus memperhatikan masalah sirkulasi udaranya, pastikan udara selalu dapat berganti atau bersirkulasi, kemudian yang juga tak kalah penting yaitu penempatan posisi kipas angin itu sendiri, pastikan hembusan angin tidak langsung mengarah ke tubuh anda karena hal ini sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Semoga sedikit tips atau ulasan ini dapat membantu anda dan saya berharap semoga yang mengikuti tips tersebut dapat terhindar dari segala penyakit yang ditimbulkan oleh hembusan kipas angin.


 
close