Sabtu, 09 Mei 2020

5 Penyebab Nasi Kering Atau Menguning Saat Dimasak Di Rice Cooker

Momod ads.id
Source images : www.chinasichuanfood.com
Meskipun untuk saat ini produk rice cooker sudah lebih canggih, namun masih ada saja masalah ketika menggunakannya, misalnya seperti nasi yang kering atau menguning.

Masalah nasi kering atau menguning disaat memasak di rice cooker, sering kali terjadi pada beberapa orang. Hal ini terjadi karena beberapa faktor penyebab umum yang membuat nasi yang kita masak tersebut menjadi kering ataupun menguning.

Beberapa penyebab nasi menjadi kering atau menguning saat memasak, antara lain sebagai berikut :

1. Takaran Air Terlalu Sedikit
Source images : www.mypersiankitchen.com
Di dalam memasak nasi kita biasanya akan menambahkan air dengan beras ke dalam wadah panci rice cooker. Semakin banyak air yang ditambahkan maka nasi yang dimasak akan menjadi lebih basah atau lembek dan begitu juga sebaliknya jika air yang ditambahkan lebih sedikit maka nasi yang dimasak akan menjadi lebih kering.

Perlu diketahui disaat memasak anda harus menyesuaikan takaran air dengan beras, agar nanti nasi yang dimasak tidak kering atau menguning.

Jadi, intinya kita harus tahu takaran perbandingan antara air dengan berasnya supaya nasi yang kita masak bisa matang dengan sempurna atau sesuai dengan keinginan kita.

2. Terlalu Lama Menghangatkan Nasi
Source images : m.wikihow.com
Menghangatkan nasi memang merupakan salah satu fitur menarik dari rice cooker, dengan menghangatkan nasi tersebut kita dapat mencegah nasi agar tidak cepat basi.

Perlu juga diketahui bahwa jika kita terlalu lama menghangatkan nasi, maka bukan tidak mungkin akan membuat nasi yang dimasak menjadi kering atau menguning.

Pada kenyataannya, produk rice cooker saat ini memang ada yang bisa menghangatkan nasi sampai 48 jam dan umumnya kebanyakan hanya 24 jam saja.

Jadi, kurangilah dalam hal menghangatkan nasi agar tidak membuat nasi menjadi kering atau menguning.

3. Tutup Rice Cooker Kurang Rapat

Salah satu penyebab lainnya dari nasi menjadi kering atau menguning saat memasak adalah karena kurang sempurnanya dalam menutup rice cooker waktu memasak.

Apabila rice cooker kita tidak tertutup dengan sempurna disaat memasak, maka akan membuat nasi menjadi kering karena uap yang seharusnya menjaga nasi agar tetap lembab tersebut keluar melalui celah pada tutup rice cooker yang tidak tertutup rapat tersebut, sehingga menyebabkan nasi menjadi cepat kering.

4. Lapisan Panci Rice Cooker Terkelupas

Terkelupasnya lapisan anti lengket pada wadah panci rice cooker juga bisa menjadi masalah, karena selain bisa menggangu kesehatan kita, lapisan panci yang terkelupas juga dapat membuat nasi yang kita masak menjadi kering atau menguning.

Dan untuk mengatasinya, jalan satu-satunya adalah dengan mengganti wadah panci rice cooker yang lapisannya terkelupas tersebut.

5. Rice Cooker Sudah Rusak

Rice cooker yang rusak merupakan penyebab paling parah, jika rice cooker kita sudah rusak maka dalam hal mengatasi masalah nasi kering atau menguning akan menjadi hal yang sulit untuk diatasi.

Pasalnya rice cooker yang rusak tersebut sudah tidak mampu bekerja dengan baik dan meskipun kita mencoba melakukan beberapa langkah pencegahan seperti diatas, dalam hal ini masih akan tetap sulit untuk mencegah nasi kering atau menguning.

Jadi, mau tidak mau kita harus memperbaiki rice cooker kita terlebih dulu, jika tidak ingin nasi yang dimasak menjadi kering atau menguning.

Demikian untuk artikel kali ini mengenai 5 Penyebab Nasi Kering Atau Menguning Saat Dimasak Di Rice Cooker, semoga bermanfaat.


 
close