Senin, 04 Mei 2020

Analisa Penyebab Pompa Air Debit Semburannya Kecil

Pernahkah anda alami mesin pompa air dirumah debit semburannya melemah atau mengalir kecil? Jika iya, maka tentunya hal ini akan cukup menggangu anda apabila kebutuhan air dirumah sangatlah banyak atau jika kebutuhan air tersebut sedang mendesak. Seperti yang kita tahu aktivitas sehari-hari baik itu mandi, minum, mencuci atau bahkan ke toilet pasti akan membutuhkan suplai air yang cukup banyak terutama bagi anda yang gemar menyiram tanaman maka kebutuhan air akan lebih banyak lagi.
Source images : www.solar-wind.co.uk
Persoalan pompa air yang debit semburannya melemah atau airnya mengalir kecil tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja mengingat kebutuhan akan suplai air sehari-hari bisa dibilang cukup banyak karena untuk memenuhi aktivitas seperti diatas.

Untuk itu, jika anda mengalami masalah pompa air yang mengalir kecil maka segera lakukan perbaikan dengan menganalisa penyebabnya terlebih dahulu. Sebenarnya hal ini sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya yaitu pada artikel penyebab pompa air semburannya melemah, namun karena artikel tersebut masih kurang maka disini saya ulas sedikit lagi lanjutannya dan saya sarankan juga untuk anda baca terlebih dahulu artikel yang sebelumnya tersebut.

Analisa Penyebab Pompa Air Debit Semburannya Kecil

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa untuk memperbaiki atau mengatasi masalah ini maka diperlukan analisa yang cukup spesifik terlebih dahulu untuk menemukan sumber masalah atau penyebabnya sebelum dilakukan tindakan perbaikannya. Nah, berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai analisa penyebab dari masalah pompa air yang debit semburannya melemah atau mengalir kecil tersebut.

1. Cek Daya Listrik Yang Masuk Pada Mesin Pompa Air

Jika sebuah pompa air bekerja dengan suplai daya listrik yang kurang atau dibawah standar maka tentu saja hal ini bisa memengaruhi kinerja daya hisap pada mesin pompa air yang akan semakin lemah atau berkurang sehingga akibatnya berimbas pada hasil semburan airnya yang kecil atau melemah.

Untuk itu coba periksa tegangan listriknya, pastikan bahwa tegangan listrik yang masuk pada pompa air berada pada nilai standarnya yaitu antara 200 sampai 220 volt, karena suplai daya listrik sendiri selalu dipengaruhi oleh voltage atau tegangan listrik. Umumnya penyebab turunnya tegangan listrik atau voltage ini diakibatkan oleh berbagai hal misalnya karena jarak penampang kawat penghantar atau kabel, semakin jauh kabel penghantar listrik yang menuju pompa air maka akan semakin berkurang nilai tegangan listriknya.

Penyebab lainnya bisa juga karena sambungan yang terikat antara kabel kurang kuat serta kualitas dari kabel listrik itu sendiri yang memengaruhi voltage atau tegangan listrik.

2. Periksa Kondisi Sumber Air Dalam Sumur

Pada beberapa kasus penyebab mesin pompa air yang debit airnya mengalir kecil tersebut biasa juga disebabkan oleh kondisi sumber air dalam sumur yang kurang memadai untuk dihisap. Hal ini kadang terjadi disaat musim kemarau yang membuat ketersediaan air dalam sumur mengalami penurunan sehingga debit air yang mampu dihisap pun ikut berkurang.

Sedangkan disaat musim hujan seringkali endapan lumpur atau pasir pada sumur mengalami perubahan yang cukup signifikan sampai tak jarang tusen klep pada dasar pipa hisap tertutup atau terkena endapan lumpur atau material pasir yang menyumbat saluran pipa dan alhasil kinerja hisap dari mesin pompa air pun menjadi terganggu.

Jadi, pengecekan pada sumber air dalam sumur juga tak kalah penting untuk dilakukan terlebih lagi bagi anda yang saat ini merupakan pengguna sumur bor yang jenis sumur ini memang sangat rentan mengalami masalah-masalah seperti diatas.

3. Coba Periksa Kondisi Serta Kinerja Mesin Pompa Airnya

Penyebab yang bisa dibilang paling umum untuk masalah pompa air debit semburannya mengalir lemah atau kecil salah satunya adalah karena kondisi part atau bagian komponen unit mesin pompa air itu sendiri, jika pompa air sudah berumur atau telah dipakai dalam rentang waktu yang lama maka biasanya akan terjadi penurunan pada kinerjanya dan ini disebabkan oleh adanya masalah pada sparepart atau komponen pompa.

Umumnya sparepart pompa air yang bermasalah biasanya terjadi pada impeller (kipas hisap) serta cover impeller yang cacat/aus akibat tergerus material pasir sehingga membuat kemampuan daya hisap pompa air tidak optimal lagi dalam menyedot air, begitu juga dengan komponen seal pompa air yang umumnya telah mengeras atau sudah tidak elastis sehingga sekali lagi membuat kineja pompa air menjadi tidak optimal.

Dan kerusakan sparepart yang tergolong paling parah hingga tak mampu diperbaiki lagi adalah pada bagian water pumpnya (kepala pompa) yang apabila sudah aus maka kita tidak bisa melakukan perbaikan apapun dan walaupun masih bisa diganti namun biaya akan sangat mahal untuk service sparepart tersebut, hal ini juga berlaku pada bagian komponen dinamo yang apabila rusak maka biaya perbaikannya juga akan sangat mahal.

4. Pastikan Pemasangan Pipa Hisap Dilakukan Dengan Benar

Kondisi debit semburan pompa air yang sangat lemah atau mengalir kecil juga dapat terjadi saat pemasangan unit mesin pompa air yang baru, kasus yang umum terjadi adalah kesalahan pada waktu proses pengeleman pipa yang terlalu banyak hingga membuat tersumbatnya saluran air pada pipa atau karena kurang rapatnya pemasangan antara sambungan pipa tersebut dan akhirnya membuat kinerja hisap pompa air tidak optimal.

Baiklah itu tadi beberapa analisa penyebab dari pompa air yang debit semburannya lemah atau mengalir kecil, mungkin cukup sekian dulu untuk pembahasannya semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan dapat sedikit membantu masalah anda. Jika ada yang ingin anda sampaikan silahkan gunakan kotak komentar dibawah.