Minggu, 10 Mei 2020

Apa Itu Smart TV? Bedanya Dengan TV Biasa Pada Umumnya

Momod ads.id
Beberapa tahun terakhir ini, teknologi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, seakan-akan sudah banyak mengalami perubahan contohnya saja pada sektor perangkat elektronik seperti ponsel yang kian lebih canggih dengan sebutan smartphone atau ponsel pintar yang bisa dipakai untuk memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya.

Perkembangan teknologi di sektor perangkat elektronik ini tak lepas dari perkembangan teknologi internet yang semakin canggih. Memang para produsen barang elektronik semakin inovatif dalam memenuhi kebutuhan para konsumennya, bukan hanya ponsel saja tetapi kini juga merambah ke barang elektronik lainnya seperti televisi yang merupakan salah satu perangkat yang cukup sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Media elektronik yang satu ini juga mengalami perkembangan, televisi modern saat ini telah hadir dengan desainnya yang slim atau ramping, tak hanya mengusung perkembangan desainnya saja televisi modern saat ini juga telah menyuguhkan fitur-fitur canggih untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Bahkan kini juga telah hadir televisi dengan teknologi terbaru yang sering disebut Smart TV atau televisi pintar.

Apa Itu Smart TV? Bedanya Dengan TV Biasa Pada Umumnya

Smart TV atau televisi pintar merupakan teknologi televisi yang telah dikembangkan. Selain bisa memutar siaran televisi pada umumnya Smart TV juga dapat digunakan untuk mengakses layanan internet secara online, itu karena di dalam Smart TV sendiri sudah terpasang OS (Operating System) atau sistem operasi untuk menjalankan aplikasi baik online maupun offline. 

Jadi, sudah jelas bedanya Smart TV dengan TV biasa pada umumnya yaitu perbedaan terletak pada konektivitas pendukung pada Smart TV yang mendukung sambungan WiFi atau kabel Ethernet yang tidak dimiliki oleh televisi biasa. Selain itu, perbedaan lainnya adalah sebuah Smart TV hadir dengan dibekali sistem operasi (OS) sendiri, sehingga langsung bisa digunakan untuk mengakses layanan internet tanpa perlu perangkat tambahan lainnya seperti set-top box yang biasa digunakan untuk televisi biasa agar dapat berinteraksi dengan internet.

Seperti layaknya sebuah smartphone atau ponsel pintar, Smart TV juga dapat digunakan untuk bermain sosial media ataupun game, membuka website melalui web browser seperti google, mozzila firefox atau bahkan juga untuk streaming video di youtube, netflix atau aplikasi streaming lainnya.

Di beberapa Smart TV kini juga sudah ada yang hadir dengan menggunakan teknologi layar sentuh, bahkan ada juga yang telah dilengkapi kamera, sehingga kita bisa melakukan video call dengan teman ataupun keluarga dengan bantuan aplikasi skype.

Berikut Ini Adalah Fitur-fitur Yang Ditawarkan Oleh Smart TV


1. Fitur Streaming Video Dan Film
Source images : arstechnica.com
Dengan Smart TV anda dapat menonton secara online atau istilahnya streaming video maupun film baik itu di YouTube, iflix, Netflix dan di beberapa layanan streaming video atau film lainnya.

Dengan fitur ini maka tak sekedar bisa menonton siaran lokal saja, kita juga bisa menonton siaran luar negeri asalkan televisi kita sudah terhubung dengan jaringan internet melalui WiFi atau kabel Ethernet.

2. Fitur Social Media & Game
Source images : fofilabs.com
Selain menawarkan fitur streaming video, Smart TV juga mampu mengakses berbagai macam situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Messenger dan situs jejaring sosial media lainnya tergantung merk serta tipe Smart TV tersebut. Bahkan di beberapa model Smart TV yang canggih, telah dilengkapi dengan web kamera sehingga mampu digunakan untuk komunikasi secara video call dengan teman ataupun keluarga kita.
Source images : www.lifewire.com
Tak hanya sosial media saja, bermain game juga bisa dilakukan dengan Smart TV baik secara online maupun secara offline dengan melakukan instalasi terlebih dahulu melalui aplikasi play store yang umumnya sudah ter-install pada produk Smart TV pada umumnya.

3. Fitur Internet Browsing
Source images : www.sony.co.uk
Smart TV juga menawarkan fitur akses internet lainnya seperti browsing via google, opera mini ataupun mozzila, di beberapa Smart TV ada juga yang sudah dilengkapi dengan keyboard dan semua produk Smart TV juga telah dibekali dengan lubang port USB sehingga dapat digunakan untuk mencolokkan keyboard ataupun mouse.

Kita bisa browsing langsung dengan televisi kita di rumah menggunakan remote control untuk mengetik, meski sebenarnya lebih disarankan menggunakan keyboard agar lebih mudah.


4. Fitur Magic Remote
Source images : it.aliexpress.com
Meski tak semua, di beberapa produsen Smart TV juga menawarkan fitur remote control yang canggih, fitur tersebut diistilahkan sebagai magic remote. Dengan fitur ini kita dapat membuat perintah scroll naik-turun layaknya seperti sebuah mouse atau dengan voice command yaitu perintah melalui suara.

Memang dengan fitur semacam ini maka dapat memudahkan kita para pengguna dalam melakukan pengubahan saluran ataupun sekedar untuk memperbesar atau memperkecil volume suara televisi dengan gerakan tangan atau dengan suara.

Demikian untuk artikel kali ini mengenai Apa Itu Smart TV? Bedanya Dengan TV Biasa Pada Umumnya, semoga bermanfaat.


 
close