Senin, 11 Mei 2020

Diagram Instalasi Penerangan satu lampu dikendalikan dari tiga tempat (saklar tukar dan silang)

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan diagram instalasi satu lampu yang bisa dikendalikan dari tiga tempat dengan menggunakan dua jenis saklar yakni saklar tukar dan saklar silang. Yang saya maksud dikendalikan diatas ialah dapat menghidupkan dan mematikan lampu dari salah satu ketiga tempat tersebut.

Instalasi seperti ini sangat cocok di terapkan pada bagian bangunan atau ruangan seperti tangga, lorong, koridor dan lain-lain. Berbeda dengan artikel saya sebelumnya yang membahas tentang diagram instalasi dua tempat menggunakan saklar tukar, untuk tiga tempat kita membutuhkan satu buah saklar silang sebagai tambahannya, berbeda dengan saklar tukar, saklar silang memiliki 2 input dan 2 output yang bekerja menyilang. Untuk lebih memudahkan anda dalam memahaminya silahkan lihat gambar di bawah ini.

Instalasi Penerangan satu lampu dikendalikan dari tiga tempat (saklar tukar dan silang)

- Single Line Diagram (diagram satu garis)
- Wiring Diagram (diagram pengawatan)
Jika anda belum mengerti simbol-simbol pada diagram diatas, silahkan pahami dulu dengan membaca artikel saya yang lainnya tentang Simbol-simbol instalasi penerangan

Demikian untuk artikel ini semoga dapat bermanfaat. Silahkan meninggalkan pesan, masukan, koreksi maupun kritik pada kolom komentar di bawah.