Kamis, 07 Mei 2020

Fungsi Foot Klep (Tusen Klep) Pada Mesin Pompa Air

Kebutuhan akan air bersih setiap hari adalah sesuatu yang wajib untuk dipenuhi dan semua itu dapat terpenuhi dengan mudah karena adanya mesin pompa air yang praktis dalam menyuplai air bersih setiap harinya. Nah, jika bicara soal mesin pompa air maka ada sebuah bagian atau komponen penting yang selalu menunjang kinerja dari pompa air tersebut, komponen penting ini adalah foot klep atau juga biasa disebut dengan tusen klep.

Perlu anda ketahui bahwa fungsi foot klep pada pompa air sangatlah penting karena dengan adanya foot klep tersebut maka mesin pompa air akan mampu bekerja dengan baik dan maksimal, bahkan jika komponen ini mengalami kerusakan maka yang terjadi ialah mesin pompa air anda tidak akan mampu menghisap air lagi.

Karena komponen ini terbilang sangat penting untuk pompa air maka penting juga untuk anda kenali fungsi utama dari foot klep ini.

Fungsi Foot Klep (Tusen Klep) Pada Mesin Pompa Air
Tusen klep kuningan
Source images : floodandwaterpumps.co.uk
Pada dasarnya fungsi foot klep atau tusen klep pada pompa air adalah menahan debit air yang telah terhisap supaya tidak kembali lagi ke sumur atau sumber air sekaligus juga bekerja membuka saluran air disaat mesin pompa air bekerja menghisap air.

Jadi, cara kerja foot klep ini seperti layaknya sebuah katup atau klep yang bekerja membuka dan menutup menyesuaikan dengan kinerja yang diperlukan yakni pada saat mesin pompa air bekerja menghisap air maka klep atau katup dalam foot klep akan terbuka dengan sendirinya mengikuti saluran air yang terhisap dan katup ini akan terus bertumpu pada dudukan sampai mesin pompa air benar-benar berhenti menghisap.

Sedangkan saat pompa air dimatikan maka katup akan terdorong kebawah (bekerja menutup) akibat tekanan air diatas katup tersebut. Nah, disaat inilah foot klep bekerja menahan debit air yang telah terhisap supaya tidak kembali lagi ke bawah sumur atau sumber air.

Bisa dibilang bahwa peranan foot klep pada pompa air sangatlah vital karena komponen yang satu ini ikut andil dalam mempengaruhi kinerja hisap dari mesin pompa air anda, bahkan kerusakan atau kebocoran kecil saja bisa mempengaruhi daya hisap pompa air secara keseluruhan sampai membuat pompa air tidak mampu menghisap air.

Selain bekerja untuk menahan kebocoran air pada saluran pipa hisap, foot klep juga difungsikan sebagai saringan atau filter untuk menyaring kotoran-kotoran dasar sumur agar tidak ikut terhisap ke dalam pompa air. Foot klep sendiri umumnya digunakan pada pompa air konvensional seperti jenis pompa air sumur dangkal, pompa air semi jet pump atau pompa air jet pump (pompa air khusus sumur dalam), bahkan mungkin hampir semua jenis pompa air mengharuskan adanya tusen klep ini. Namun terkecuali untuk pompa air submersible pump (pompa air celup) yang memang tak memiliki pipa hisap sehingga tidak perlu menggunakan foot klep atau tusen klep.

Jenis foot klep atau tusen klep di pasaran ada dua jenis yang dibedakan berdasarkan material bahan pembuatannya, yakni foot klep berbahan kuningan dan foot klep berbahan plastik. Meskipun dalam segi bentuk dan bahannya berbeda namun untuk fungsi dari kedua jenis foot klep ini pada dasarnya sama, dan yang membedakannya hanyalah segi kualitas dan kekuatan atau daya tahannya saja, jika foot klep berbahan plastik lebih cocok untuk pompa air sumur dangkal maka foot klep berbahan kuningan lebih cocok dan dianjurkan untuk digunakan pada pompa air sumur dalam yang umumnya memiliki daya tekanan air yang lebih tinggi.
Tusen klep plastik
Source images : www.jualmaterial.com
Masalah umum yang biasa terjadi pada foot klep atau tusen klep ialah kebocoran yang meskipun cuma sedikit bisa mengakibatkan pompa air sering minta dipancing dan jika kebocoran terjadi pada unit pompa air yang masih menggunakan pressure switch (saklar otomatis tekanan air), maka pompa air akan sering mengalami hidup mati sendiri secara tiba-tiba karena disebabkan oleh penurunan volume air yang memicu kerja dari saklar pressure switch tersebut.

Baca Juga : Penyebab Mesin Pompa Air Selalu Minta Dipancing Dan Cara Mengatasinya

Sedangkan jika kebocorannya tergolong parah atau bisa dikategorikan klep dalam keadaan rusak maka anda akan mendapati pompa air tidak mampu menghisap air meskipun anda sudah melakukan proses metode pemancingan menggunakan air pompa air anda tetap tidak akan bisa menghisap karena masalah ini biasanya harus diatasi dengan cara mengganti foot klep yang baru.

Baca Juga : Cara Mengecek Foot Klep Pompa Air Masih Bagus Atau Sudah Rusak

Baiklah mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda semua pengunjung setia blog ini.