Sabtu, 09 Mei 2020

Inilah 5 Cara Memasak Nasi Di Rice Cooker Agar Tidak Lembek

Momod ads.id
Source images : www.bonappetit.com
Nasi merupakan sumber makanan pokok kita sehari-hari, dengan memakan nasi maka tubuh kita akan menjadi lebih kuat dan bertenaga karena adanya kandungan karbohidrat dalam nasi yang merupakan sumber energi untuk mahkluk hidup seperti halnya kita manusia yang sangat membutuhkannya.

Jika kita kekurangan makanan berkarbohidrat tinggi seperti halnya nasi ini, maka dalam melakukan aktivitas kita akan mudah lelah atau tubuh kita akan terasa berat atau kurang bertenaga.

Maka dari itu, pastikan bahwa anda memakan makanan yang mengandung karbohidrat, termasuk nasi dengan porsi yang cukup untuk tubuh anda. Terutama bagi anda yang melakukan aktivitas berat yang mengeluarkan banyak energi.

Namun, terkadang niat untuk memakan nasi dengan porsi yang cukup atau bahkan lebih dari biasanya dapat terhalang dikarenakan oleh tekstur nasi yang terlalu lembek atau terlihat seperti setengah bubur.

Nasi yang terlalu lembek memang kurang enak ketika disantap karena rasanya akan cenderung seperti memakan bubur daripada nasi.

Pada umumnya nasi yang lembek tersebut disebabkan karena kesalahan dalam memasak nasi, dan salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah karena takaran air yang ditambahkan terlalu banyak.

Oleh karena itu, anda harus lebih cermat dalam memasak nasi agar nasi yang anda masak nanti teksturnya pas atau tidak terlalu lembek.

Bagi anda yang ingin memasak nasi yang pulen dan tidak lembek, maka silahkan simak artikel berikut ini tentang cara-cara memasak nasi agar tidak lembek.

Cara Memasak Nasi Di Rice Cooker Agar Tidak Lembek

1. Kenali Jenis Beras Yang Akan Dimasak Terlebih Dahulu
Source images : www.organicfacts.net
Apabila anda tidak mau beras yang nantinya akan dimasak menjadi lembek, maka sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu jenis beras yang akan anda masak tersebut.

Perlu untuk anda ketahui bahwa setiap jenis beras memiliki kebutuhan takaran air yang berbeda-beda. Tidak semua jenis beras dapat kita masak dengan takaran air yang sama, dan pada kenyataannya ada beras yang hanya membutuhkan sedikit air agar teksturnya tidak terlalu lembek atau bahkan ada juga beras yang membutuhkan banyak air agar teksturnya menjadi pulen.

Jika sudah demikian maka kita harus mengetahui terlebih dahulu takaran air pada jenis beras yang akan dimasak. Untuk mengetahui kebutuhan takaran air jenis berasnya maka perlu dilakukan percobaan kecil-kecilan, tentunya ini bertujuan agar tidak terlalu banyak membuang nasi apabila percobaan tersebut mengalami kegagalan.

Lakukan percobaan tersebut sampai menemukan takaran air yang pas untuk jenis beras pilihan anda, jika diperlukan anda bisa mencatatnya sekalian.

Setelah mengetahui takaran air yang pas maka selanjutnya anda bisa memasak nasi dalam jumlah banyak sekaligus tanpa kawatir nasinya akan menjadi lembek.

2. Selalu Tiriskan Air Sampai Benar-benar Kering Setelah Mencuci Beras
Source images : wikihow.com
Sebelum beras akan dimasak biasanya kita akan mencuci terlebih dulu beras tersebut, akan tetapi kebanyakan orang tidak meniriskan air sampai benar-benar kering setelah melakukan proses pencucian beras tersebut, sehingga hal ini membuat bertambah banyaknya penggunaan air ketika memasak nasi.

Karena sisa air dari mencuci beras ini menambah takaran air, maka hasilnya nasi yang dimasak akan menjadi lembek.

Oleh karena itu, selalu tiriskan air sampai benar-benar kering setelah mencuci beras, pastikan takaran airnya tidak terlalu banyak, jika kesulitan meniriskannya anda bisa menggunakan saringan.

3. Gunakan Takaran Perbandingan Yang Pas Antara Air Dengan Beras
Source images : www.yummy.ph
Sebenarnya jika kita sudah tahu takaran yang pas antara air dengan beras, maka dalam hal menjaga nasi yang dimasak agar tidak lembek akan sangat mudah.

Anda dapat menggunakan takaran perbandingan yakni beras 1 : 2 air, yang artinya jika beras yang akan dimasak dalam jumlah 1 gelas maka air yang diperlukan adalah 2 gelas dengan wadah takaran yang sama.

Perbandingan ini adalah untuk takaran beras putih pada umumnya, dengan menggunakan perbandingan tersebut maka anda bisa membuat nasi yang pulen dan tidak lembek, namun jika ternyata nasi yang dimasak masih saja lembek, anda hanya perlu mengurangi sedikit takaran airnya untuk mengatasi nasi lembek tersebut.

4. Masak Secara Terpisah Jika Ada Jenis Beras Lebih Dari Satu
Source images : m.timesofindia.com
Jika anda bermaksud ingin menghemat pemakaian energi listrik dengan cara memasak lebih dari satu jenis beras sekaligus dalam satu wadah panci rice cooker, maka dalam hal ini penghematan listrik yang anda maksudkan akan berhasil, akan tetapi perlu juga anda ketahui bahwa jika kita memasak lebih dari satu jenis beras sekaligus, katakanlah kita sedang memasak dua beras yang berbeda semisal beras putih dan beras merah, maka yang akan terjadi adalah kegagalan pada salah satunya.

Seperti yang sudah saya bahas diatas untuk perbandingan takaran beras putih adalah beras 1 : 2 air, sedangkan untuk beras merah perbandingannya adalah beras 1 : 4 air, jadi sudah jelas jika kita menggabungkan dua jenis beras tersebut maka akan mengalami kegagalan pada salah satunya, seumpama kita menerapkan perbandingan takaran beras merah, maka beras putih yang dimasak akan menjadi lembek.

Cara memasak nasi di rice cooker supaya tidak lembek adalah dengan memisahkan setiap jenis beras, bahkan terkadang tidak hanya memisahkan antara jenis beras saja, dalam kasus lainnya terkadang juga harus memisahkan dua merk beras sekalipun.

5. Masaklah Nasi Tanpa Menambahkan Garam Atau Mentega
Source images : www.dreamstime.com
Mungkin dengan menambahkan nasi yang akan dimasak dengan tambahan garam ataupun mentega akan membuat cita rasa nasi menjadi lebih lezat dan gurih. Namun, sayangnya penambahan mentega atau garam tersebut hanya akan membuat nasi yang kita masak menjadi lembek. Itu karena baik mentega atau garam tersebut dapat membuat nasi cepat lunak dan hancur.

Jika ingin menambahkan garam atau mentega sebenarnya tidak masalah asalkan kita tahu kapan harus menambahkannya, apabila memang anda ingin menambahkan garam atau mentega pada nasi maka sebaiknya tunggu sampai nasinya matang. Setelah nasi yang anda masak tersebut sudah matang, segera tambahkan bahan-bahan tersebut lalu kemudian aduk secara manual agar bahan tercampur merata.

Itulah 5 cara memasak nasi di rice cooker agar tidak lembek, semoga dengan membaca artikel ini anda dapat mengatasi masalah nasi lembek ketika memasak.

Oke cukup sekian untuk artikel kali ini dan semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.


 
close