Jumat, 01 Mei 2020

Inilah Alasan Kenapa Exhaust Fan Sangat Penting Untuk Ruangan

Momod ads.id
Exhaust fan merupakan salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang dikategorikan sebagai kipas angin, berbeda dengan kipas angin konvensional pada umumnya yang cara kerjanya mendorong udara, untuk kipas angin model exhaust fan ini kerjanya menyedot udara di dalam ruangan untuk dibuang ke luar ruangan atau ke tempat area terbuka di luar rumah. Exhaust fan sendiri bisa anda umpamakan sebagai kipas angin ventilasi yang bekerja secara mekanik yang fungsi utamanya sebagai pelancar sirkulasi udara dengan membuang udara kotor sekaligus menggantikannya dengan udara bersih dan segar.

Umumnya exhaust fan banyak dipakai untuk keperluan mekanik dan industri bahkan alat ini juga sering digunakan di dapur maupun kamar mandi, tujuan dipasangnya pada tempat-tempat tersebut adalah sebagai pembuang udara kotor yang berupa bau tidak sedap, udara panas, asap dan lain-lain. Sebenarnya exhaust fan sangatlah penting kebutuhannya untuk dipasang pada ruangan di rumah anda, selain bisa membuang udara kotor alat ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh penghuni ruangan tersebut. Sebenarnya masih banyak kegunaan serta manfaat yang bisa anda peroleh dari exhaust fan ini, bahkan manfaat yang diperoleh tersebut dapat anda jadikan sebagai alasan kenapa exhaust fan sangat penting untuk dipasang pada ruangan. Mengenai manfaat dan kegunaan exhaust fan, bisa anda simak pada ulasan berikut ini.

Inilah Alasan Kenapa Exhaust Fan Sangat Penting Untuk Di Pasang Pada Ruangan

1. Dapat Membuang Udara Panas
Source images : daylightrangers.com
Exhaust fan bisa membuang udara panas dalam ruangan dengan sangat mudah cepat dan juga efisien, hal ini karena cara kerja dari exhaust fan itu sendiri yang kerjanya menyedot udara panas yang ada didalam ruangan dan kemudian membuangnya ke luar ruangan. Karena fungsinya yang mampu membuang panas tersebut, alat ini seringkali dipakai untuk keperluan industri baik kecil hingga besar yang memerlukan pembuangan udara panas dalam skala lebih besar. Hal ini juga tidak terkecuali untuk kebutuhan rumah tangga yang terkadang mengalami peningkatan suhu akibat cuaca maupun penyebab lainnya, maka dalam hal ini pemasangan exhaust fan juga sangat diperlukan untuk rumah tinggal.

2. Membuang Asap Dan Polusi Udara Lainnya
Source images : jinlinggd.com
Tak hanya dapat membuang panas, exhaust fan juga dapat anda gunakan untuk membuang polusi udara seperti asap, bau yang tidak sedap dan lain-lain. Contoh penggunaan exhaust fan dalam membuang polusi udara pada rumah tinggal biasa digunakan pada ruangan dapur, kipas exhaust fan ini akan dipasang di plafon atau bisa juga di dinding ruangan dapur tersebut yang letaknya berdekatan dengan lokasi ketika sedang memasak sehingga asap yang timbul tidak akan mengepul di dalam ruangan dapur tersebut karena akan langsung dikeluarkan oleh exhaust fan. Kipas ini juga biasa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada kamar mandi atau toilet dengan pemasangannya di bagian plafon atau dinding sebelah atas tempat tersebut.

3. Mampu Menyejukkan Ruangan
Source images : buyinghack.com
Exhaust fan juga dapat menyejukkan ruangan anda karena sebenarnya fungsinya tak hanya menyedot udara kotor dan panas dalam ruangan, namun juga memasukkan udara baru yang segar ke dalam ruangan, itupun dilakukan dalam waktu yang bersamaan pula. Anda akan dapat merasakan udara yang segar dan sejuk setelah memakai kipas ini dalam beberapa saat. Bahkan anda juga bisa mengkombinasikan exhaust fan dengan AC untuk membagi udara sejuk antar ruangan, namun dengan syarat luas ruangan harus sesuai dengan kapasitas kemampuan AC dan exhaust fan yang dipasang.

4. Dapat Mengurangi Resiko Terserang Penyakit

Tahukah anda bahwa udara yang kotor dan pengap pada ruangan bisa menyebabkan terserangnya penyakit pada penghuni ruangan tersebut, penyakit seperti alergi serta asma dapat menjangkit apabila ruangan dalam kondisi ventilasi yang kurang memadai, karena itulah penting sekali untuk menyediakan ventilasi pada ruangan. Bisa menggunakan jendela untuk ventilasi udara secara tradisional atau dengan kipas angin exhaust fan supaya sirkulasi udara di dalam ruangan berjalan dengan lancar dan baik.

Akan tetapi, untuk ruangan tertutup yang pemasangan jendela tidak memungkinkan, dalam hal ini lebih disarankan memasang exhaust fan bermodel plafon karena udara dalam ruangan bisa keluar menuju area terbuka pada luar ruangan dengan melewati pipa penyalur udara.

5. Mencegah Kerusakan Pada Material Bangunan 
Source images : duniaplafond.blogspot.com
Dampak buruk lainnya selain bisa menyebabkan terserangnya penyakit pada penghuni ruangan, ventilasi yang kurang memadai juga dapat membuat kerusakan pada struktur bangunan anda meskipun tidak terjadi secara langsung namun efeknya akan terasa jika ruangan terus menerus menerima polusi udara seperti asap rokok atau polusi udara lainnya. Oleh karena itu, maka disarankan untuk menyediakan ventilasi udara yang cukup untuk ruangan tersebut, anda bisa menggunakan exhaust fan jika ingin membuang polusi udara dengan cepat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada material bangunan rumah anda.

6. Exhaust Fan Lebih Baik Dibanding AC
Source images : pucis.blogspot.com
Untuk daerah tertentu yang tidak terlalu membutuhkan AC, exhaust fan bisa anda jadikan alternatif penyejuk udara ruangan secara alami tanpa perlu menggunakan AC. Perlu anda tahu bahwa penggunaan AC yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan terjadinya global warming atau pemanasan global, sehingga itulah salah satu alasan kenapa penggunaan exhaust fan lebih baik ketimbang AC.

Kelebihan exhaust fan adalah mampu bekerja secara optimal tanpa merusak alam sekitar karena cara kerjanya mengolah udara secara alami, selain lebih ramah lingkungan dibanding AC, exhaust fan juga dapat bekerja lebih efisien dibanding AC. Meski memakai daya sebesar 40 watt, namun cukup baik dalam memproses sirkulasi udara pada ruangan untuk menjadi lebih sejuk, segar dan sehat.

Jadi itulah beberapa manfaat penting dari kipas angin exhaust fan yang bisa anda jadikan alasan untuk memasangnya di dalam ruangan anda. Mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda semua.


 
close