Kamis, 07 Mei 2020

Ketahui 5 Hal Penting Seputar TV Yang Bisa Memutar Film Menggunakan Flashdisk Via USB Port

Momod ads.id
Source images : www.samsung.com
Karena kemajuan teknologi televisi saat ini, sehingga memungkinkan kita untuk bisa menonton film di televisi dengan mudah cepat dan praktis. Berbeda dengan teknologi televisi terdahulu yang masih harus menggunakan DVD player untuk dapat menonton film-film favorit kita.

Teknologi televisi baru-baru ini telah dilengkapi dengan fitur port/lubang USB yang bisa dipakai untuk menonton berbagai film favorit kita hanya dengan menyiapkan flashdisk yang sudah terisi dengan format file film. Format file film itu sendiri merupakan data file digital yang bisa didapatkan dengan men-downloadnya terlebih dahulu melalui internet sebelum disimpan dan diputar dengan flashdisk.

Setelah data file film yang berupa digital tersebut sudah di download dan di simpan ke dalam flashdisk, maka selanjutnya kita bisa memutarnya menggunakan perangkat yang telah kompetibel atau telah mendukung fitur port USB, seperti halnya pada perangkat televisi yang akan kita bahas kali ini.

Meski memutar film menggunakan flashdisk pada perangkat televisi ini sangat mudah, namun masih ada beberapa hal penting yang perlu anda ketahui.

Dan berikut ini adalah beberapa hal penting seputar penggunaan televisi untuk memutar film menggunakan flashdisk yang perlu anda ketahui seperti tentang kenapa video tidak dapat di putar dan lain-lain.

1. Lubang Port USB
Source images : https://forums.majorgeeks.com
Tentunya untuk memutar film menggunakan flashdisk maka seharusnya sebuah televisi harus ada konektivitas lubang USBnya untuk tempat colokan flashdisk, maka dari itu pastikan televisi anda memiliki lubang port USB yang biasanya berada di belakang layar televisi.

Setelah dipastikan televisi yang anda miliki ternyata mempunyai lubang port USB, maka langkah selanjutnya adalah memastikan juga apakah port tersebut bisa digunakan untuk memutar film melalui flashdisk, perlu juga anda ketahui bahwa sebenarnya tidak semua televisi yang menyediakan port USB bisa digunakan untuk memutar film menggunakan flashdisk.

Karena pada beberapa kasus ternyata ada televisi yang punya port USB namun tidak dapat digunakan untuk memutar film dari flashdisk dan lubang port tersebut hanya digunakan untuk memperbaiki atau memperbaharui sistem televisi tersebut.

Selain itu, beberapa televisi juga ada yang bisa dipakai untuk menonton film dari flashdisk, namun setelah mengaktifkan terlebih dulu layanan yang tidak resmi pada menu televisi tersebut. Padahal normalnya layanan memutar film pada televisi melalui flashdisk sebenarnya sangatlah mudah, berhati-hatilah dengan layanan menu seperti itu karena dapat merubah atau memengaruhi kinerja televisi anda. Oleh karena itu, ada baiknya disaat membeli sebuah televisi pastikan anda sudah mencoba fitur lubang port USB serta layanan menunya.

2. Format File Video Atau Film
Source images : www.mediainformasi.online
Tak cukup hanya port USB saja yang diperhatikan, namun anda juga perlu memperhatikan format file film atau video anda, sebenarnya terdapat cukup banyak jenis format file video digital seperti 3GP, 3GPP, VOB, MKV, MOV, MP4, MPEG, DIVX, XviD, WMA,WMV, AVI dan lain-lain.

Yang perlu anda ketahui adalah tidak semua jenis format file digital tersebut mendukung atau kompetibel dengan televisi anda, di dalam buku petunjuk produk televisi yang anda beli biasanya akan ada keterangan mengenai format apa saja yang mendukung televisi anda tersebut, untuk itu disarankan untuk membacanya terlebih dulu supaya tahu mana format file film atau video yang mendukung pemutaran via USB pada televisi.

Setelah mengetahui format file film atau video yang mendukung pemutaran via port USB tersebut, maka selanjutnya anda tinggal memastikan format file yang di download dan di simpan tersebut sudah sesuai atau support dengan televisi anda, sehingga dengan demikian maka anda tidak perlu kawatir lagi dengan masalah video tidak dapat diputar pada televisi anda.

3. Jenis Format Drive Flashdisk

Video yang tidak dapat diputar juga bisa terjadi karena adanya kesalahan pada flashdisk, hal ini bisa terjadi meski format file video atau film yang diputar telah mendukung televisi anda.

Jika demikian maka kemungkinan penyebabnya adalah disebabkan oleh format drive flashdisk yang tidak mendukung atau kompetibel dengan konektivitas port USB pada televisi, karena format drive flashdisk tersebut berbeda sehingga tidak dapat terhubung dengan koneksi USB port pada televisi.

Umumnya jika flashdisk anda mempunyai format drive yang tidak didukung, biasanya akan ditandai dengan tidak terbacanya file video atau film yang ada pada flashdisk tersebut. Dalam hal ini anda masih bisa mengatasinya dengan cara memformat ulang flashdisk ke FAT, FAT32 atau NTFS, lalu kemudian salin/copy kembali file film anda.

4. Nama File

Mungkin anda sudah terbiasa dalam hal mengelola sebuah file, seperti halnya membuat atau mengubah nama file dan lain-lain. Mungkin untuk perangkat selain televisi menggunakan nama file yang panjang tidak akan menjadi masalah, namun untuk perangkat televisi nama file yang terlalu panjang tersebut berpotensi membuat file tak bisa diputar karena nama file yang panjang tersebut tidak dapat ditampilkan secara benar.

Untuk itu, anda harus menggunakan nama yang lebih pendek pada file supaya video atau film dapat diputar.

5. Alternatif Lain

Jika masih belum bisa memutar film di televisi, anda juga bisa menggunakan alternatif lainnya untuk dapat menonton film favorit anda di televisi yaitu dengan menggunakan konsul game seperti PlayStation maupun Xbox atau bisa juga dengan menggunakan set-top box.

Dengan menggunakan alternatif lain seperti diatas maka anda masih bisa memutar film di televisi meski tanpa menggunakan koneksi via port USB.

Demikian untuk artikel kali ini mengenai Ketahui 5 Hal Penting Seputar TV Yang Bisa Memutar Film Menggunakan Flashdisk Via USB Port, semoga bermanfaat.


 
close