Selasa, 05 Mei 2020

Mengenal Perbedaan Rice Cooker, Magic Jar Dan Magic Com

Momod ads.id

Source images : Flickr.com
Semua orang pasti tahu yang namanya rice cooker, magic jar ataupun magic com yang merupakan sebuah peralatan listrik yang biasa digunakan untuk menanak serta menghangatkan nasi dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, kebanyakan orang menganggap peralatan penanak nasi dengan istilah yang berbeda-beda. Sebagian orang menyebutnya dengan istilah rice cooker, dan sebagian lain menyebutnya dengan istilah magic jar atau ada juga yang menyebutnya dengan istilah magic com. Intinya kebanyakan dari orang-orang menganggap ketiga peralatan listrik penanak nasi tersebut memiliki fungsi yang sama.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa ketiga peralatan listrik tersebut memiliki perbedaannya masing-masing, meskipun dalam bentuk dan cara kerjanya agak sama.

Lalu apa perbedaan antara rice cooker, magic jar dan magic com tersebut?

Perbedaan antara Rice Cooker, Magic Jar dan Magic Com

Rice Cooker
Source images : YongmaSale.com
Rice cooker atau dalam bahasa indonesia berarti penanak nasi, seperti namanya rice cooker merupakan peralatan listrik yang berfungsi untuk memasak atau menanak nasi. Rice cooker merupakan produk yang dikenal pertama kali dipasaran, yakni  sebelum adanya magic jar dan magic com.

Namun, saat pertama kali produk rice cooker diperkenalkan dipasaran fungsinya hanya sekedar untuk menanak nasi saja, dan belum dapat digunakan untuk menghangatkan nasi (keep warm), untuk mengukus, menghangatkan lauk, dan beberapa fungsi lainnya seperti pada rice cooker yang kita kenal sekarang ini.

Jadi, jika ada beberapa orang yang beranggapan bahwa rice cooker hanya bisa digunakan untuk menanak nasi, maka anggapan demikian belum sepenuhnya benar, karena mengingat produk rice cooker jaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur atau fungsi tambahan lainnya selain digunakan untuk menanak nasi.

Selain itu ada juga yang beranggapan bahwa perbedaan rice cooker dan magic com terletak pada bahan lapisan pancinya, yang dimana bahan panci pada rice cooker tidak anti lengket, sedangkan panci yang ada pada magic com memiliki lapisan dari bahan yang anti lengket.

Awalnya anggapan ini memang benar, namun seiring berjalannya waktu, anggapan tersebut telah dipatahkan karena untuk saat ini produk dari rice cooker telah dikembangkan dengan keluaran terbarunya yang sudah dilengkapi dengan panci yang dilapisi dengan bahan anti lengket.

Magic Jar
Source images : YongmaSale.com
Magic jar merupakan peralatan listrik yang hanya berfungsi untuk menghangatkan nasi atau menjaga nasi agar tetap hangat (keep warm).

Ketika rice cooker pertama kali diproduksi dipasaran fungsinya hanya sekedar dapat menanak nasi, karena saat itu rice cooker belum dapat digunakan untuk menghangatkan nasi atau makanan lainnya, maka muncullah sebuah peralatan listrik yang berevolusi dari rice cooker itu sendiri, peralatan listrik tersebut adalah magic jar.

Karena rice cooker hanya ditujukan untuk menanak nasi saja dan tidak memiliki fungsi untuk menjaga nasi agar tetap hangat, maka magic jar diciptakan khusus untuk penghangat nasi serta makanan lainnya.

Jadi, saat rice cooker yang dulunya fungsinya hanya sekedar dapat memasak nasi, dan masih belum dikembangkan untuk dapat digunakan menghangatkan nasi seperti rice cooker saat ini, maka diciptakanlah magic jar yang berperan sebagai penghangat nasi dan makanan lainnya.

Magic Com
Source images : YongmaSale.com
Jika rice cooker yang dulunya hanya berfungsi untuk menanak nasi, sedangkan untuk magic jar juga hanya dapat digunakan untuk menghangatkan nasi, maka magic com adalah gabungan dari keduanya. Jadi magic com merupakan peralatan listrik yang dapat digunakan untuk memasak atau menanak nasi, menghangatkan nasi, sayur serta lauk pauk, mengukus, merebus, bahkan ada juga yang dapat digunakan untuk membuat kue.

Jika awalnya rice cooker diproduksi hanya untuk memasak atau menanak nasi, kemudian disusul oleh magic jar yang fungsinya sebagai penghangat nasi, maka berbeda dengan magic com yang sejak awal pertama kali diproduksi alat ini sudah memiliki berbagai fungsi selain untuk memasak atau menanak nasi.

Lalu apa perbedaan antara Rice Cooker dengan Magic Com?

Perbedaan rice cooker dengan magic com saat ini adalah, jika rice cooker dapat menghangatkan nasi dalam waktu 24 jam, namun berbeda dengan magic com yang dapat menjaga nasi tetap hangat dalam waktu yang lebih lama yaitu sekitar 48 jam.

Selain perbedaan diatas, magic com masih memiliki fitur atau fungsi tambahan lainnya yang lebih baik jika dibandingkan dengan rice cooker. Dengan demikian maka tak heran jika harga dari magic com relatif lebih mahal jika dibanding dengan rice cooker dan magic Jar.

Demikian untuk artikel kali ini mengenai Mengenal Perbedaan Rice Cooker, Magic Jar Dan Magic Com, semoga bermanfaat.