Kamis, 07 Mei 2020

Penyebab MCB Sering Trip (Jeglek) Dan Cara Mengatasinya

Momod ads.id
Apakah kamu pernah mengalami saat menonton televisi di rumah atau sedang  sibuk memakai peralatan listrik rumah tangga lainnya, tiba-tiba listrik di rumah padam, setelah diperiksa ternyata MCB nya trip (jeglek). Mungkin sudah banyak yang mengalami hal seperti ini, Lalu pertanyaannya adalah apa yang menyebabkan MCB tersebut trip?

Sebenarnya terdapat berbagai hal yang dapat menyebabkan MCB di rumah sering trip (jeglek). Pada dasarnya MCB memang dipasang pada setiap instalasi listrik di rumah untuk tujuan mengamankan instalasi listrik dari bahaya akibat korsleting listrik yaitu kebakaran. Selain sebagai pengaman untuk korsleting listrik, MCB juga berfungsi sebagai pembatas arus listrik.

Saat terjadi korsleting listrik, MCB akan secara otomatis memutus arus listrik untuk tujuan mengamankan instalasi listrik kita dari bahaya berkelanjutan korsleting listrik, dan memutuskan arus listrik pula saat arus yang mengalir melewatinya melebihi kapasitas MCB tersebut.

Jadi, MCB yang turun (trip) bukan berarti bahwa MCB tersebut sudah rusak, karena kemungkinan MCB masih bekerja mendeteksi adanya gangguan pada instalasi listrik di rumah, sehingga MCB tersebut bekerja memutuskan aliran listrik atau biasa kita sebut dengan MCB trip (jeglek). Meskipun tidak menutup kemungkinan, MCB yang sering trip (jeglek), menandakan bahwa MCB tersebut sudah tidak bagus lagi atau sudah lemah (rusak).

Oleh karena itu, sebelum kita berasumsi bahwa MCB tersebut sudah rusak dan memerlukan perbaikan atau penggantian ulang, maka tidak ada salahnya kalau kita periksa terlebih dahulu apa yang menyebabkan MCB sering trip (jeglek).

Berikut ini adalah beberapa penyebab MCB sering trip (jeglek).

1. Pemakaian daya listrik yang terlalu berlebihan
Source images : singlesourcecom.com
Pemakaian daya listrik yang terlalu banyak atau berlebihan bisa menyebabkan
MCB trip (jeglek), karena daya listrik yang dipakai melebihi batasan ukuran daya listrik MCB yang terpasang dirumah. Tentunya MCB memiliki berbagai macam ukuran batasan daya listrik. PLN akan memasang MCB dengan batasan daya listrik yang telah dipilih atau diminta oleh konsumen listrik sejak awal. Misalnya saja kita memasang MCB 2A, maka kita dapat memakai daya listrik sampai sebesar 450 Watt, apabila kita memakai daya listrik melebihi 450 Watt, maka MCB akan trip (jeglek).

Silahkan hitung berapa total daya listrik yang anda gunakan untuk peralatan listrik yang sedang digunakan atau terpakai di rumah, apakah memang sudah melebihi batasan maksimal kemampuan MCB yang terpasang dirumah anda?

Jika setelah anda hitung ternyata memang pemakaian daya listrik anda telah melebihi batasan maksimal daya listrik yang terpasang di rumah anda, maka lakukan beberapa solusi berikut ini untuk mengatasinya.

Jangan nyalakan atau menggunakan peralatan listrik rumah tangga secara bersamaan, gunakanlah peralatan listrik tersebut dengan bijak dan secara bergantian agar MCB tidak trip (jeglek).

Atau anda bisa menambah daya listrik yang terpasang di rumah, jika sebelumnya daya listrik yang anda pakai adalah 450 Watt, anda dapat meminta pihak PLN untuk menambahkan daya listriknya sebesar 900 Watt, dengan menambah daya listrik yang lebih besar, tentunya kita bisa lebih leluasa dalam menggunakan peralatan listrik di rumah dan MCB kita tidak akan mudah trip.

Akan tetapi, apabila setelah anda hitung, ternyata pemakaian listriknya masih belum melebihi batasan maksimal daya listrik yang terpasang, maka kemungkinan penyebab MCB trip (jeglek) disebabkan oleh faktor lain.

2. Kerusakan pada MCB
Source images : tagihanlistrik.com
MCB yang sering trip (jeglek) dapat juga disebabkan karena MCB dirumah kita telah rusak (lemah), jadi meskipun daya listrik yang kita pakai masih normal (tidak melebihi batasan maksimal MCB) dan tidak ada masalah korsleting listrik, MCB kita akan trip karena memang sudah rusak. Untuk mengetahui kerusakan pada MCB, coba periksa kondisi MCBnya disaat setelah listrik di rumah padam karena MCB trip.

Periksa apakah terdapat beberapa kejanggalan, antara lain seperti
suhu MCB tersebut panas tidak seperti biasanya, terminal pada MCB tersebut ada bercak hitam (gosong) bekas percikan api,
atau saat dinyalakan kembali, MCB tersebut akan trip (jeglek) lagi dalam waktu seketika atau dalam waktu agak lama.

Jika memang sudah dipastikan bahwa pemakaian daya listrik tidak melebihi, namun MCB tetap saja trip, maka lakukan beberapa solusi berikut ini untuk cara mengatasinya.

Jika suhu MCB panas tidak seperti biasanya, ada kemungkinan bahwa kabel pada MCB tersebut longgar atau goyang. Begitu juga jika terdapat bagian pada MCB yang gosong (ada bercak hitam bekas percikan api), ini dikarenakan adanya sambungan atau terminal kabel yang longgar atau goyang.

Pemasangan kabel instalasi listrik yang longgar atau kurang kuat merupakan salah satu penyebab percikan api di dalam instalasi listrik.

Atau saat MCB dinaikkan kembali, namun beberapa selang waktu ( menit atau jam) kemudian MCB trip lagi, ini menandakan bahwa MCB sudah rusak, minta bantuan pihak PLN untuk melakukan perbaikan atau mengganti MCB dengan yang baru.

Namun jika saat MCB anda nyalakan kembali, dan MCB tersebut langsung trip (jeglek) seketika, maka ini menandakan adanya sebuah peralatan listrik atau kabel yang korsleting.

3. Adanya korsleting listrik pada instalasi listrik atau peralatan listrik
Source images : www.teachoo.com
Jika MCB dirumah trip (jeglek) secara tiba-tiba dan saat dinaikkan kembali, MCB tetap trip, hal ini disebabkan karena adanya korsleting listrik.

Korsleting listrik dapat terjadi pada instalasi listrik di rumah kita, baik pada kabel instalasi listrik, saklar, stop kontak, atau pada fitting. Selain itu, korsleting listrik juga bisa terjadi disebabkan karena adanya peralatan listrik yang biasa kita gunakan seperti kipas angin, pompa air, televisi, mesin cuci, AC dan lain sebagainya sudah rusak, arus bocor, atau sudah short (korslet).

Lalu bagaimanakah cara mengetahui letak korsleting listrik tersebut, apakah instalasi listriknya ataukah peralatan listrik kita yang korslet?

Untuk cara mengetahui letak korsleting listriknya, lakukan beberapa langkah berikut ini.

Saat listrik dirumah padam, karena MCB tiba-tiba trip padahal daya listrik yang dipakai tidak melebihi batasan maksimal daya listrik rumah. Maka padamkan seluruh alat-alat listrik dirumah anda untuk mengetahui letak korsleting, dengan cara mencabut colokan (steker) seluruh peralatan listrik yang sedang terpasang di rumah anda dan matikan seluruh lampu dengan menekan saklar ke posisi off (mati), Lalu naikkan MCB, jika saat MCB dinaikkan seketika MCB langsung trip kembali, ini menandakan adanya korsleting pada instalasi listrik di rumah anda.
 
Namun, jika MCB listrik dinaikkan dan MCB tidak trip lagi, maka yang bermasalah/konsleting ada pada salah satu peralatan listrik yang anda gunakan.

Untuk cara mengatasinya, lakukan beberapa langkah berikut ini.

Setelah melakukan langkah-langkah diatas anda akan tahu dimana letak korsleting listrik tersebut. Jika yang korsleting adalah instalasi listriknya maka jangan mencoba menyalakan kembali MCB tersebut, lakukan pemeriksaan dan perbaikan pada instalasinya, anda bisa melakukannya sendiri atau jika tidak mampu anda bisa memanggil teknisi listrik yang berpengalaman untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan pada instalasi listrik di rumah anda.

Dan untuk mengatasi masalah korsleting pada peralatan listrik caranya cukup mudah yaitu dengan menyalakan peralatan listrik yang ada dirumah anda satu persatu, Jika saat menyalakan peralatan listrik lalu MCB langsung trip (jeglek) maka peralatan listrik tersebut rusak. Misalnya saja saat mencolokkan steker kipas angin lalu MCB langsung trip, maka bisa dipastikan kipas angin tersebut sudah rusak (korslet), atau jika saat salah satu lampu dinyalakan, MCB tiba-tiba trip, berarti masalahnya ada pada bola lampu tersebut yang perlu diganti atau diperbaiki lagi.

Peralatan listrik yang menyebabkan MCB dirumah anda trip, ini menandakan bahwa Alat listrik tersebut sudah korslet, arus bocor dan masalah lainnya, jadi segera perbaiki peralatan listrik tersebut atau bisa juga dengan menggantinya.
    Korsleting atau Short Circuit (hubungan pendek) adalah kondisi dimana tegangan listrik yaitu kabel fase dan kabel netral bersentuhan/terhubung baik secara langsung maupun melalui benda lain yang nilai resistannya kecil, sehingga menyebabkan lonjakan arus listrik yang sangat tinggi.
Sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat.


 
close