Jumat, 01 Mei 2020

Penyebab Mesin Pompa Air Selalu Minta Dipancing Dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah kerusakan pada mesin pompa air yang sering kali dikeluhkan oleh kebanyakan orang ialah mesin pompa air yang selalu minta dipancing terlebih dahulu sebelum mampu menghisap atau mengeluarkan air. Nah, mungkin anda juga pernah mendapati masalah seperti ini pada mesin pompa air anda dirumah sehingga anda pun berinisiatif ingin segera memperbaikinya.
Source images : m.wikihow.com
Memang masalah kerusakan pada pompa air yang selalu minta dipancing bukanlah kerusakan yang terbilang parah, namun akan tetapi kerusakan ini juga perlu dilakukan perbaikan dengan segera karena apabila dibiarkan terus menerus tentunya hal ini akan membuat anda kerepotan  karena mesin pompa air harus selalu dipancing ketika setiap kali ingin digunakan, bahkan masalah ini juga akan bertambah buruk lagi ketika saat dimana kebutuhan air sedang mendesak.

Pada umumnya kerusakan yang membuat mesin pompa air harus dipancing adalah karena diakibatkan oleh adanya sebuah kebocoran pada bagian pipa hisap pompa air tersebut sehingga volume air yang seharusnya tetap atau tidak berkurang menjadi berkurang akibat kebocoran tersebut. Seperti yang anda tahu bahwa disaat melakukan pemasangan pompa air yang baru biasanya kita akan melakukan proses pancingan juga untuk pompa air yang baru terpasang tersebut sebelum akhirnya digunakan seterusnya. Namun, proses pancingan tersebut hanya dilakukan sekali dan untuk menghidupkan pompa air seterusnya anda tidak perlu melakukan pancingan lagi terhadap pompa air anda karena kepala pompa telah terisi penuh dengan air tanpa ada penurunan atau kebocoran pada volume airnya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa penyebab utama mesin pompa air yang selalu harus dipancing adalah karena kebocoran air tersebut yang membuat volume air didalam kepala pompa menjadi berkurang atau kosong yang pada akhirnya menjadikan mesin pompa air tak mampu menghisap air dan biasanya juga harus menunggu beberapa saat sebelum mampu menghisap.

Sebenarnya terdapat beberapa penyebab untuk kebocoran pada bagian pipa hisap pompa air misalnya karena rusaknya foot klep atau tusen klep dan masih banyak lagi, untuk lebih jelasnya silahkan anda simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya pada ulasan dibawah ini.

Penyebab Mesin Pompa Air Selalu Minta Dipancing Dan Cara Mengatasinya

Adanya Kebocoran Pada Pipa Bagian Hisap
Source images : www.mrplumberatlanta.com
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa kasus mesin pompa air yang selalu minta dipancing bisa disebabkan oleh adanya kebocoran pada pipa hisap pompa air tersebut, hal ini bisa terjadi karena adanya penurunan atau berkurangnya volume air dalam kepala pompa yang seharusnya tetap penuh namun berkurang karena terdapat kebocoran pada pipa bagian hisap tersebut.

Yang sering terjadi adalah pipa bagian hisap tersebut bocor karena terdapat pecah atau retakan atau mungkin bisa jadi karena kesalahan pada saat proses pengeleman sehingga ada kebocoran yang tidak disadari. Untuk itu, coba periksa bagian sambungan-sambungan antara pipa hisap karena sering kali lem pipa masih belum cukup merata atau bahkan telah merembes karena proses pengeleman yang salah seperti kesalahan yang umum terjadi yakni lem belum kering namun sudah digunakan untuk menghisap air.

Foot Klep Rusak Atau Kotor
Source images : www.amazon.co.uk
Penyebab yang paling sering terjadi pada mesin pompa air yang minta dipancing adalah karena disebabkan oleh rusaknya bagian foot klep. Foot klep atau yang biasa juga disebut dengan tusen klep ini biasa dipasang pada bagian paling bawah pipa hisap dan fungsinya adalah sebagai penahan air supaya tidak lagi kembali ke sumber air atau sumur, air yang dimaksud disini adalah air yang sudah naik keatas.

Kasus yang biasa terjadi adalah foot klep telah rusak atau jebol dan membuat volume air yang tadinya naik keatas kembali lagi ke sumur sehingga hal inipun mengakibatkan pompa air harus dipancing dulu ketika setiap kali akan digunakan. Jadi, apabila volume air sering mengalami penurunan maka bisa juga dipastikan bahwa foot klep telah rusak atau jebol.

Jika ternyata foot klep telah rusak atau jebol maka segeralah lakukan penggantian dengan foot klep yang baru apabila tidak mampu diperbaiki lagi.

Dalam kasus lain ada juga penyebab pompa air yang minta dipancing ternyata dikarenakan oleh adanya beberapa sumbatan pada bagian katup atau klep akibat kotoran material pasir atau material lainnya sehingga hal inilah yang membuat kinerja foot klep tidak maksimal dan terjadilah kebocoran atau penurunan volume air.

Maka dari itu, pastikanlah juga bahwa kondisi foot klep tidak sedang tersumbat oleh kotoran-kotoran tersebut, anda bisa mencoba melakukan pemeriksaan secara langsung untuk memastikan bahwa foot klep masih dalam keadaan bagus dan hanya mengalami masalah tersumbat kotoran sehingga anda tidak perlu melakukan penggantian foot klep baru.

Mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapat membantu masalah anda.