Sejarah Penemuan AC (Air Conditioner) oleh John Gorrie

Apakah kamu tahu apa AC itu?
AC (Air Conditioner) merupakan sebuah mesin yang dirancang dengan tujuan untuk menstabilkan atau menyejukkan suhu udara dalam suatu ruangan. AC (Air Conditioner) biasa di pergunakan di rumah-rumah mewah dan banyak digunakan diperkantoran. 

Mengenai sejarah AC (Air Conditioner), Sejak zaman dahulu pada abad pertengahan baik orang romawi maupun persia sudah menggunakan teknik pendinginan ruangan. Adapun caranya yaitu dengan menampung air yang mengalir ke dalam dinding sehingga dapat mendinginkan ruangan namun hal ini membutuhkan biaya yang cukup besar untuk membangunnya. Selain itu juga, model bangunan akan menjadi tidak biasa sehingga ketika itu hanya bangsawan atau raja yang dapat membangunnya.

Sejarah Perkembangan AC (Air Conditioner)
John Gorrie
Seiring dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan di abad ke 18, Setelah Michael Faraday menemukan listrik maka mulai bermunculan penemuan baru seperti menemukan cara mendinginkan suhu udara dengan menggunakan gas amonia. Kemudian di tahun 1842, seorang ilmuwan berkebangsaan Amerika Serikat bernama John Gorrie  mulai melakukan penelitian mengenai AC (Air Conditioner).

John Gorrie diketahui merupakan seorang dokter dan juga seorang ilmuwan. Berawal dari banyaknya pasien John Gorrie yang menderita malaria disertai dengan gejala demam tinggi. Suhu ruangan yang panas membuat pasiennya semakin tidak nyaman. Selain itu ada sebuah teori mengatakan bahwa kondisi udara yang buruk akan menyebabkan penyakit sehingga ia kemudian melakukan usaha mendinginkan ruangan dengan cara menyimpan bongkahan es di dalam baskom.

Kemudian digantung di langit-langit ruangan setelah itu ia kemudian menggunakan kipas angin sehingga hawa dari es yang ada dalam bongkahan baskom ini bisa menyebar dan berhasil mendinginkan ruangan pasien. Namun cara tersebut dirasa kurang efektif oleh John Gorrie sebab bongkahan es cepat mencair dan juga bongkahan es tersebut dibawa dengan menggunakan perahu di tempat yang jauh di danau bagian utara, sehingga ia kemudian berpikir untuk membuat es buatan.

Penemuan AC (Air Conditioner) oleh John Gorrie

Mesin Pendingin Pertama

Di tahun 1845, John Gorrie kemudian berhenti melakukan praktik medis dan kemudian mulai berkonsentrasi dalam proyek pembuatan alat pendingin ruangan. Selama enam tahun, ia terus berusaha merancang dan membuat mesin pendingin. Di tahun 1851, John Gorrie kemudian berhasil membuat mesin pembuat es pertama yang kemudian menjadi cikal bakal dari AC atau Air Conditioner.

Mesin buatan John Gorrie tersebut dipatenkan dengan nomor paten 8080. Selanjutnya ia kemudian mencoba memproduksi massal mesin temuannya. Namun karena kondisinya yang miskin, ia kemudian mencoba mengumpulkan uang.

Namun karena banyaknya kritik terhadap dirinya selain itu kondisi keuangan yang buruk dan kesehatan yang terus menurun, John Gorrie akhirnya meninggal dunia di tahun 1855 di tempat pengasingannya sehingga mesin temuannya gagal untuk dikembangkan. Mesin temuannya kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Willis Carrier yang kemudian dikenal sebagai penemu AC (Air Conditioner) modern di tahun 1902.

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat.

Dikutip dari : https://www.penemu.co/penemu-ac-air-conditioner-john-gorrie/