Kamis, 28 Januari 2021

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Kelas X Semester 1 K13 (Part-2)

Melanjutkan tulisan Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Kelas X Semester 1 K13 bagian pertama (soal nomor 1-15), bagian kedua, berisikan materi yang sama, dengan contoh soal PG Agama Islam Kelas 10 semester 1 bagian kedua, yaitu tentang berpakaian sesuai syari'at.


Berikut, contoh soal PAI dan Budi Pekerti untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat dengan jawabannya, dimulai dari soal nomor 16 sampai dengan 30.

16. Perintah berpakaian dengan benar bertujuan agar harkat dan martabat manusia tetap....
Jawaban: terjaga

17. Pada dasarnya ada dua macam pakaian yaitu yang bersifat jasmaniyah (fisik) untuk menutupi aurat dan keindahan, dan pakaian yang bersifat rohani (spiritual) untuk mengisi....
Jawaban: kekosongan jiwa dengan ketaqwaan hati.

18. Pakaian adalah kebutuhan pokok bagi....
Jawaban: setiap orang sesuai dengan situasi dan kondisi di mana seseorang berada.

19. Pakaian termasuk salah satu kebutuhan yang tidak bisa lepas dari....
Jawaban: kehidupan

20. Pakaian berfungsi sebagai....
Jawaban: pelindung dari hal-hal luar

21. Bagian tubuh atau aurat untuk laki-laki yang harus ditutupi, yaitu mulai dari....
Jawaban: pusat sampai lutut

22. Aurat atau bagian tubuh untuk perempuan yang harus ditutupi adalah....
Jawaban: seluruh bagian tubuh hingga tidak terlihat bentuk tubuhnya kecuali yang boleh terlihat, yaitu wajah dan telapak tangan

23. Pakaian yang boleh dipakai orang Islam adalah pakaian yang sesuai dengan....
Jawaban: syari’at Islam


24. Berpakaian adalah mengenakan pakaian untuk menutup....
Jawaban: aurat

25. Allah SWT. melarang manusia memakai pakaian yang....
Jawaban: berlebih-lebihan

26. Apa pengertian berpakaian?
Jawaban: Berpakaian merupakan salah satu kegiatan sehari-hari yang tidak dapat ditinggalkan. Berpakaian adalah kegiatan untuk menutupi aurat atau bagian tubuh yang tidak boleh diperlihatkan kepada orang lain kecuali mahramnya. Allah SWT. memerintahkan hamba-Nya untuk memakai pakaian yang suci dan bagus ketika beribadah karena Allah menyukai kebersihan dan keindahan.

27. Sebutkan tata cara berpakaian yang baik secara islami!
Jawaban: hal yang perlu diperhatikan dalam memakai pakaian adalah usahakan pakaian harus menutupi seluruh aurat, yaitu bagian tubuh yang tidak boleh terlihat oleh orang lain, baik laki-laki atau perempuan dengan batas auratnya masing-masing. Kedua, pakaian yang dipakai hendaklah pakaian yang tidak berlebih-lebihan, karena Allah tidak menyukai hal yang berlebih-lebihan. Ketiga, ketika hendak memakai pakaian mulailah dengan memabca do’a agar pakaian yang dipakai dapat melindungi dari segala keburukan. Keempat, ketika mulai berpakaian, dahuukanlah bagian sebelah kanan, ini merupakan sunnah nabi, karena Nabi Muhammad SAW. ketika memulai sesuatu yang baik senang memulainya dari sebelah kanan.

28. Sebutkan do’a Nabi SAW. ketika berpakaian!
Jawaban:


Artinya:
“Ya Allah, untuk-Mu segala puji, karena Engkau telah memberi pakaianku dengannya. Aku mohon kebaikan dan dan kebaikan dari apa yang dibuat untuknya. Dan aku berlindung dari keburukannya dari apa yang dibuat untuknya.” (H.R. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ahmad)

29. Sebutkan nilai positif cara berpakaian yang baik!
Jawaban:
a. Dapat melindungai diri dari segala macam penyakit yang ditimbulkan oleh lingkungan, seperti debu, suhu panas, suhu dingin, dan lain sebagainya.
b. Menjadi tanda pengenal terutama untuk perempuan. Apabila berpakaian sesuai dengan ketentuan Islam, maka perempuan tersebut merupakan wanita muslimah.
c. Dapat terhindar dari gangguan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, karena sebagian besar orang akan lebih segan dan menghargai orang yang tidak menutup auratnya.
d. Dapat memperindah penampilan
e. menambah percaya diri
f. Menjaga diri dari perbuatan yang dilarang agama
g. Mendapatkan pahala, karena sudah menjalankan perintah agama.

30. Bagaimana cara membiasakan berpakaian sesuai dengan syari’at Islam?
Jawaban: agama Islam memerintahkan pemeluknya agar berpakaian yang baik dan bagus sesuai dengan kemampuan masing-masing. Dalam pengertiannya, bahan pakaian tersebut dapat memenuhi hajat tujuan berpakaian, yaitu menutup aurat dan keindahan.

Lanjut ke soal nomor 31-45 => Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Kelas X Semester 1 K13 (Part-3)


 
close