Selasa, 26 Januari 2021

Contoh Soal Essay Prakarya & KWU kelas XII Semester 1 kurikukulum 2013 Beserta JawabanPart6

Contoh Soal Essay Prakarya & KWU kelas XII Semester 1 kurikukulum 2013 Beserta Jawaban Part6 - Melanjutkan soal essai prakarya kelas 12 semester ganjil k13 bagian ke-5 (latihan nomor 46-60), bagian ke-6 masih berisikan materi yang sama (Bab 2) yaitu soal tentang Wirausaha Jasa Profesi dan Profesionalisme. Selain itu, bagi anda yang belum membaca soal-soal essay prakarya kelas 12 dari Bagian pertama (Bab 1), bisa membacanya mulai dari sini.
Baca juga: soal pg prakarya dan kewirausahaan tentang Wirausaha Jasa Profesi dan Profesionalisme
Berikut di bawah ini, soal prakarya dan kunci jawabannya kelas 12 semester ganjil kurtilas edisi revisi dimulai dari pertanyaan nomor 61.

61. Uraikan komponen untuk membuat lampu sepeda!
Jawaban : Komponen untuk membuat lampu sepeda pintar yaitu dynamo kompatibel 6V dengan daya 3W, baterai output 6V DO baterai nikel cadmium (sel Ni-Cd) 1,2V dengan arus 600mAh, lampu modul LED berwarna putih, dan relay.

62. Buatlah format rencana usaha jasa profesi dan profesionalisme!
Jawaban : Format rencana usaha jasa profesi dan profesionalisme antara lain seperti berikut.
a. Pendahuluan, berisi nama dan alamat pemilik, nama dan alamat penanggung jawab, dan informasi tentang usaha yang dilaksanakan.
b. Rangkuman eksekutif berisi lebih kurang tiga halaman yang menguraikan secara komplit isi business plan secara singkat. Rangkuman eksekutif ini merupakan sebuah tulisan yang dimaksud pembaca mengetahui overwhole isi dari perencanaan usaha (business plan) yang ditulis.
c. Analaisis industri meliputi prespektif masa depan industry, analisis persaingan, segmen pasar yang dimasuki, dan ramalan produk yang dihasilkan.
d. Deskripsi tentang usaha, berisi tentang produk yang dihasilkan, jasa pelayanan, ruang lingkup usaha, personalia, dan perlengkapan kantor, dan latar belakang identitas pengusaha.
e. Rencana produksi (untuk pabrik atau industri) berisi penetapan uraian bahan dan penetapan uraian proses produksi.
f. Rencana pemasaran (marketing plan), berisi analisis swot, tujuan , strategi inti pemasaran, jadwal pelaksanaan, anggaran pemasaran, dan pengawasan.
g. Perencanaan organisasi, berisi bentuk kepemilikan dan struktur organisasi, informasi tentang patner, uaraian tentang kekuasaan, latar belakang anggota tim manajemen, dan peranan dan tanggung jawab personalia dalam organisasi
i. Resiko, berisi tentang evaluasi tentang kelemahan usaha dan gambaran teknologi
j. Perencanaan permodalan, berisi tentang neraca permulaan perusahaan, proyeksi aliran kas, analisis titik impas, dan sumber-sumber permodalan.
k. Appendix berisi tentang surat-surat, data penelitian pasar, surat-surat kontrak dan dokumen, perjnjian lainnya, dan daftar harga dari pemasok barang.

63. Jabarkan manfaat produk elektronika!
Jawaban : Manfaat produk elektronik antara lain sebagai berikut.
a. Barang elektronik harus bisa dijangkau sesuai daya beli penggunanya, sehingga beberapa alat bukanlah berupa barang mewah.
b. Produk elektronika haruslah alat yang dibutuhkan konsumen dalam kehidupan sehari-hari
c. Produk elektronika harus mampu mempermudah pekerjaan yang dirasa sulit sebelum menggunakan alat tersebut.
d. Produk elektronika dapat menjadi peluang usaha kekinian
e. Produk elektronika praktis mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi dari SDM yang berkualitas.

64. Terangkan alasan SDM sebagai kunci yang menentukan perkembangan perusahaan!
Jawaban : Sumber daya manusia juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Karena kunci keberhasilan suatu perusahaan berada di tangan sumber daya manusia, maka setiap perusahaan harus memiliki sumber daya manusia yang mampu mewujudkan manajemen yang kompetitif dan berkualitas.

65. Tuliskan tujuan diajarkannya kewirausahaan dalam produk rekayasa!
Jawaban : Tujuan diajarkannya kewirausahaan dalam produk rekayasa sebagai berikut.
a. Peluang yang baik dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi bagi sumber daya manusia dana lam yang tersedia

66. Jabarkan tujuan dan batasan dalam membuat produk diperlukan!
Jawaban : Tujuan dan batasan dalam membuat produk diperlukan agar kita tidak berlebihan dalam merancang produk tersebut yang akan berkaitan mahalnya harga jual ke konsumen.

67. Sebutkan komponen utama pada alat tracking sistem panel surya!
Jawaban : Alat tracking sistem panel surya memiliki tiga komponen utama, yaitu IC LM339, H-Bridge M

68. Tuliskan manfaat produk elektronika praktis!
Jawaban : Manfaat produk elektronika praktis antara lain sebagai berikut.
a. Barang elektronika praktis harus bisa dijangkau sesuai daya beli penggunanya, sehingga beberapa alat bukanlah berupa barang mewah
b. Produk elektronika praktis haruslah alat yang dibutuhkan kosumen dalam kehidupan sehari-hari.
c. Produk elektronika praktis harus mampuh mempermudah pekerjaan yang dirasa sulit sebelum menggunakan alat tersebut
d. Produk elektonika praktis dapat menjadi peluang usaha kekinian
e. Produk elektronika praktis mampu mengembangkan kretivitas dan inovasi dari SDM yang berkualitas

69. Tuliskan yang dimaksud komponen diskrit!
Jawaban : Komponen diskrid merupakan komponen-komponen elektronik yang diletakan di atas papan rangkaian seperti PCB (Printed Circuit Board), dimana hubungan antara komponen dilakukan melalui indikoator.

70. Mengapa perencanaan media promosi harus direncanakan dengan matang?
Jawaban : Dalam melakukan promosi di perlukan perencanaan dan pelaksanaan strategis promosi yang tepat. Perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang sesuai dengan perencanaannya akan berdampak pada keberhasilan promos. Bentuk perencanaan tersebut meliputi segmentasi prospek, kondisi, serta program promosi. 3 weakness (kelemahan) adalah segala sesuatu yang menjadi titik lemah bagi produk yang kita tawarkan . Hal ini harus segera di minimalisiragar produk kita tidak gagal di dalam pemasaran produk baru. Karena konsumen dewasa ini sudah mulai selektif dan krisis dalam menanggapi produk baru yang ahrus di tawarkan ke pasaran. Pesaing di bedakan menjadi dua jenis yaitu pesaing intertipe(tidak sejenis) dan intratipe (sejenis). 

Lanjut ke soal penilaian tengah semester ganjil ==> 50 Contoh Soal UTS/PTS Prakarya & KWU kelas XII Semester 1 kurikukulum 2013 Beserta Jawaban