Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part-6

Berisikan Bab yang sama dengan Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 bagian ke-5 (soal nomor 21-25), yaitu tentang Pergerakan Nasional Indonesia dalam upaya membangun Jati diri Keindonesiaan, essay bagian ke-6 berisikan sub pokok bahasan yang berbeda, dimana soal-soal essay sejarah kelas 11 semester satu bagian keenam bermaterikan tentang Bentuk Organisasi Pergerakan Nasional.

Berikut, soal dengan kunci jawabannya dimulai dari soal nomor 26.

26. Sebutkan hasil kongres Budi Utomo yang pertama!
Jawaban: 
a. Budi Utomo tidak ikut dalam kegiatan politik
b. Kegiatan utamanya ditujukan pada bidang pendidikan dan budaya
c. Ruang geraknya hanya di Jawa dan Madura.

27. Kapan Gerakan Rakyat Indonesia itu didirikan? Siapa pendirinya?
Jawaban: Gerakan Rakyat Indonesia(Gerindo) didirikan pada tanggal 14 Mei 1937 di Jakarta oleh Dr. Adnan Kapau Gani, Mr. Sartono, Mr. Wilopo, Mr. Moh. Yamin, dan Mr. Amin Syarifudin. Tujuannya adalah untuk mencapai kemerdekaan Indonesia dan juga menghendaki kebebasan berpolitik, ekonomi, dan sosial.

28. Apa yang dilakukan Perhimpunan Indonesia untuk menunjang Perjuangannya?
Jawaban: menyebarkan paham-paham baru yang lahir di Eropa, seperti: demokrasi, liberalisme, sosialisme, dankomunisme di negeri jajahan (Indonesia)

29. Siapakah pemimpin Sarikat Islam? Apa tujuan pendirian Sarikat Islam?
Jawaban: Pemimpin Sarikat Islam (SI) adalah H. Oemar Said Tjokroaminoto. Tujuan SI adalah memajukan perdagangan Indonesia, kesejahteraan rakyat, dan menganjurkan cara hidup menurut ajaran agama Islam

30. Apa usaha yang dilakukan oleh organisasi Indische Partij?
Jawaban: organisasi ini berusaha mempersatukan kaum Belanda-Indo yang merasa tidak puas dengan tindakan-tindakan pemerintah Belanda terhadap bangsa Indonesia yang menentang penjajahan Belanda.

Lanjut ke soal nomor 31-35 => Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum bagian ke-7