Pengertian 5s Sebagai Pola Kerja Yang Brilliant

Pengertian 5s Sebagai Pola Kerja Yang Brilliant
Pengertian 5s Sebagai Pola Kerja Yang Brilliant
Pengertian 5s - Jepang merupakan salah satu negara maju yang letaknya di Asia. Jepang dikenal sebagai negara yang berusaha keras demi terwujudnya cita-cita. Perusahaan-perusahaan Jepang telah melaksanakan 5S sebagai prinsip kerjanya, dan sudah diadopsi oleh negara-negara lain termasuk Indonesia, Amerika, Inggris, dan sebagainya. Apa pengertian 5s? Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya Anda memahami mengapa Jepang dikatakan negara yang berusaha keras. Hal ini dilihat dari sejarahnya yang pernah merasakan di bom atom oleh negara-negara sekutu pada akhir Perang Dunia 1 yang terkait dengan keterlibatan Jepang dalam Perang Dunia 1.
Pada saat itu Jepang tentu saja mengalami kerugian yang besar, tetapi ternyata saat ini Jepang mampu mempertahankan dirinya sebagai negara maju yang kuat, yang memiliki ciri khasnya tersendiri. Hal yang mendasar adalah sumber daya manusianya. Banyak perusahaan Jepang yang berhasil menjalankan pekerjaannya, berhasil mencapai tujuannya karena telah benar-benar menjalankan prinsip 5S. Perusahaan Jepang yang ada di Indonesia juga menerapkan sistem ini. Adapun 5S itu sendiri yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke. Jika dalam bahasa Indonesia berarti Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin yang tergabung dalam 5R.

Secara umum, pengertian 5s mudah dipahami tetapi sulit untuk dijalankan. Butuh komitmen, kemauan, dan usaha yang keras dalam menjalankan 5S. Tentunya harus diimbangi dengan pimpinan yang bisa mendorong karyawannya menjadi orang yang termotivasi dalam kerjanya. Begitu juga harus ada rekan kerja yang sama-sama memotivasi satu sama lain. Penjabaran masing-masingnya yaitu:
• Seiri : Ringkas
Sebagai awalan, Seiri merupakan langkah awal, yaitu memilih barang yang berguna atau tidak berguna. Jika barang tersebut berguna maka disimpan, tetapi jika tidak berguna maka dibuang saja, toh tidak memberikan manfaat apapun. Semakin tidak ada barang yang tidak berguna, maka tempat kerja semakin efisien.
• Seiton: Rapi
Seiton menandakan penataan barang, yaitu setelah membuang barang-barang yang tidak berguna, maka yang tersisa di tempat kerja adalah barang yang berguna saja. Barang yang berguna tersebut ditata. Setelah itu diberi penjelasan mengenai nama barang, tempat disimpan, dan berapa jumlah barang tersebut, sehingga ketika mencarinya akan mudah didapatkan.
• Seiso: Resik
Setelah barang-barang berguna tersebut ditata, langkah selanjutnya adalah membersihkan barang-barang tersebut. Tempat kerja dan barang-barang yang bersih akan membuat para pekerjanya nyaman. Dengan begitu motivasi bekerja akan stabil.
• Seiketsu: Rawat
Sesuai dengan terjemahan bahasa Indonesianya, yaitu rawat, maka lingkungan yang sudah rapi dan bersih tersebut hendaknya dirawat dan dijaga. Hal ini agar lingkungan kerja selalu nyaman dan demi kepentingan bersama.
• Shitsuke: Rajin
Sebagai pamungkas, shitsuka adalah menerapkan hal-hal seperti disiplin, tidak melanggar peraturan, saling menghormati, dan selalu memperbaiki diri.

Dari pengertian 5s dan penjelasan yang sudah diuraikan satu per satu, apakah Anda menjadi termotivasi untuk menjalani hidup seperti demikian? Meskipun Anda tidak sedang bekerja di perusahaan Jepang, tetapi alangkah baiknya jika mampu dan mau berusaha menjalankan 5S sebagai pola hidup sehari-hari agar selalu disiplin dan bertanggung jawab sehingga didapatkan hasil yang maksimal.
Pengertian 5s Sebagai Pola Kerja Yang Brilliant Rating: 4.5 Posted by: Novri Hp