Kumpulan Kata Baku Dan Tidak Baku Lengkap

Kata baku dan Tidak Baku,

Kata ialah suatu unit dari salah satu bahasa yang mengandung arti tertentu. Dalam kamus besar bahasa Indonesia pengertian kata didefinisikan menjadi beberapa arti:


  1. Elemen paling kecil dalam suatu bahasa yang diucapkan atau pun dituliskan dan merupakan realisasi kesatuan perasaan dan juga pikiran yang sanggup dipakai dalam berbahasa
  2. konversasi, bahasa
  3. Morfem atau pun kombinasi dari beberapa morfem yang sanggup diujarkan sebagai bentuk yang bebas
  4. Unit bahasa yang sanggup bangkit sendiri & terdiri dari satu morfem (contoh kata) atau beberapa morfem adonan (contoh perkataan).
Baku sanggup diartikan sebagai tolak ukur yang berlaku yang ditetapkan menurut janji atau standar.

Kata baku dapat diartikan sebagai kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang berlaku.

Kata baku dipakai dalam ragam bahasa resmi menyerupai perundang-undangan, surat-menyurat, karangan ilmiah, pidato kenegaraan, dan lain-lain.

Kata tidak baku adalah kata yang tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia yang telah ditetapkan. Kata tidak baku muncul dan banyak dipakai dalam percakapan sehari-hari. Kata tidak baku banyak dipakai alasannya ialah sifatnya yang tidak resmi sehingga nyaman saat dipakai dalam percakapan sehari-hari. Kata tidak baku banyak berkembang dari serapan kata bahasa kawasan maupun bahasa asing.

Kata Baku-Kata Tidak Baku
kata baku
Aktif-Aktip
Aktivitas-Aktifitas
Apotek-Apotik
Analisis-Analisa
Asas-Azas
Atlet-Atlit
Atmosfer-Atmosfir
Kata baku
BACA SELENGKAPNYA TENTANG KATA BAKU DI SINI> KATA BAKU

ini ialah goresan pena yang menuju ke goresan pena utama, sanggup diling ini hanyalah umpan yang akan menuju ikan utama, maaf ya saya buat beginian untuk menaikan kolam ikan yang satunya, isinya sama biar berkenan untuk mengunjungi blog yang satunya, blog itu akan menjadi sahabat dari blog ini alasannya ialah blog ini kesepiaaaan sendirian, gak punya temen,,, hiks.... hahaha bercanda kawan,, hanya untuk iseng ajaa,,, tapi tidak mengecewakan dapet receh eh mau nulis apa lagi ya udah waktunya mandi nihh pagi pagi gini nulis padahal mau ke kantor,, ditemani lagunya noah baiklah juga jadu sanggup nulis cepet yaaa kira kira dapet satu kata per tida detik lah lumayan. eh kok kini jadi males ya ngadsense alasannya ialah cpc nya rendah perihal bahan yang saya tulis,, biar ke depan lebih rajin lagi demi masa depan yang cerah. oke