Minggu, 01 Maret 2020

Sistem Penerimaan Pns Cat - Tkd Tkb Cpns - Materi

Momod ads.id
Untuk sanggup menjadi seorang pegawai negeri sipil di Indonesia, seseorang harus melewati seleksi masuk yang dinamakan tes kompetensi dasar. Tes ini diselenggarakan menurut izin Kementerian Pendayagunaan aparatur negara sebagai pihak yang berwenang mengatur jumlah kebutuhan aparatur negara disemua kementerian dan lembaga. Sekarang tes CPNS memakai tes berbasis komputer/Computer Assited Test(CAT). Sistem CAT ini, para akseptor akan mengerjakan soal tes melalui komputer. Kemudian balasan akan pribadi masuk ke basis data server.

Pemerintah wajib menyediakan sarana pendukung komputer dan aplikasi khusus CAT untuk melakukan perekrutan pegawai melalui sistem ini. Salah satu kelebihan CAT ialah penyelenggaraan tes tidak harus serentak, sebab nantinya kalau semua pendukung telah siap, setiap instansi yang membutuhkan pegawai sanggup membuka lowongan kapan saja sesuai kebutuhan dan tentunya izin KEMENPAN.

Materi Tes CPNS

Materi yang diujikan di Seleksi CPNS terdiri dari Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang.
Tes Kompetensi Dasar terdiri dari tiga jenis tes yaitu Tes Kepribadian, Tes Intelegensia Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan. Sedangkan untuk materi Tes Kompetensi Bidang diubahsuaikan dengan tiap profesi.

Tes Karakteristik Pribadi berisi materi seputar integritas, semangat berkarya, kreativitas dan inovasi, orientasi dan pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja berdikari dan tuntas, kemauan dan kemampuan berguru berkelanjutan, kemampuan bekerjasama dengan kelompok, dan kemampuan menggerakan dan mengkoordinasikan orang lain.

Tes Intelegensia Umum berisi materi yang berafiliasi dengan kemampuan verbal, numerik, kemampuan berpikir logis, dan kemampuan berpikir analitis.

Tes Wawasan Kebangsaan berisi materi seputar pilar kebangsaan( Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indononesia, Undang-undang dasar 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika). Selain itu materi yang mungkin diujikan ialah seputar sejarah Indonesia, dan kebijakan publik.

Untuk Materi Tes Wawasan Kebangsaan ini blog ini mempunyai beberapa materi yang mungkin berkhasiat sebagai materi pembelajaran untuk mempersiapkan tes CPNS.
Berikut Link Materi TWK Pilar Kebangsaan


Semoga Sukses!!!!!