Jumat, 20 Maret 2020

Tips Bagaimana Cara Mengatasi Anak Kurus dan Obesitas

Momod ads.id
Kurus adalah kurangnya berat badan seorang anak. Kurus dapat disebabkan oleh faktor keturunan ataupun karena adanya penyakit yang diderita. Bagi bunda atau orang tua yang memiliki anak kurus, lakukan hal berikut, bila anak Anda terlihat terlihat kurus.

  1. Pastikan bahwa anak tidak menderita suatu penyakit.
  2. Perbaiki pola makan anak dengan memberikan makanan yang bergizi seimbang dan cukup.
  3. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan.
  4. Sajikan makanan yang bervariasi baik rasa, maupun bentuknya agar anak tidak bosan.
  5. Sesuaikan jumlah makanan anak dan aktivitas yang dilakukannya.

Rumus Memeriksa Berat Badan Anak

Untuk memeriksa berat badan anak 8+2n, dimana n adalah usia anak. Sebagai contoh, jika anak Anda berusia 2 tahun, idealnya berat badan anak Anda berkisar 12 kg. Bila berat badan anak jauh dari angka yang sesuai, konsultasikan hal ini dengan dokter.

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Obesitas

Obesitas dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yakni berlebihnya gizi yang diberikan dan adanya faktor keturunan. Anak yang mengalami obesitas akan mengalami gangguan dalam perkembangan motoriknya. Obesitas juga dapat menimbulkan masalah sosial dan psikologis karena anak yang obesitas cenderung tertutup dan kurang percaya diri. Bila anak Anda mengalami obesitas, lakukan hal berikut.
  1. Atur menu makan anak dengan menambah porsi sayuran dan protein, seperti telur, tahu, dan tempe, bukan menambah kalori makanan.
  2. Kurangi kegiatan yang monoton dan kurangi aktivitas motorik yang biasanya disertai dengan kebiasaaan ngemil, misalnya nonton televisi dan main games.
  3. Ajaklah anak Anda untuk berolahraga secara teratur.


 
close