Jumat, 08 Mei 2020

Apa itu listrik ? Darimanakah asal mulanya

Momod ads.id
Siapa sih yang gak kenal listrik, saya yakin semuanya pasti tahu listrik tapi saya tidak yakin semuanya tahu apa listrik itu sebenarnya, dari mana listrik berasal dan apa yang menjadikan listrik bisa ada.
Source image : pexel.com
Dikutip dari Wikipedia Listrik adalah rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik.

Pengertian sederhananya listrik menurut saya adalah suatu energi yang mengalir pada suatu media atau rangkaian listrik pada saat adanya perbedaan potensial antara muatan positif (proton) dan negatif (elektron) dengan media penghantar nya yang disebut induktor. Tentunya listrik merupakan suatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia modern saat ini, lalu selama ini mungkin kita hanya tahu kegunaannya dan tidak tahu darimanakah energi listrik ini dihasilkan dan asal mula listrik bisa dipergunakan.

Mungkin semuanya pasti menjawab ya dari PLN .. yah PLNlah yang telah mengatur kebutuhan akan sumber energi listrik yang kita gunakan sehari-hari. Namun bukan ini yang akan saya bahas tetapi lebih jauh sebelumnya yakni asal mula listrik ini ditemukan.

Sekilas Sejarah Penemuan Listrik

Penemu listrik yang merupakan pencipta motor listrik pertama di dunia. Ia adalah Ampere Michael Faraday, laki-laki kelahiran inggris pada 22 September 1791 di Newington Butts. Ia merupakan seorang ilmuwan inggris yang mendapat julukan "Bapak Listrik", karena berkat usahanya listrik menjadi teknologi yang banyak digunakan sampai saat ini. Ia mempelajari berbagai macam bidang ilmu pengetahuan termasuk elektromagnetisme dan elektrokimia.

Dan karena ilmu elektromagnetisme yang ia pelajari inilah pada akhirnya Faraday menciptakan motor listrik pertama di dunia yaitu sebuah rangkaian pertama yang memakai aliran listrik sebagai sumber penggerak benda.

Sejak saat itulah, Michael Farady mulai dikenal dunia namanya dan penemuannya tersebut diakui menjadi gerbang utama menuju era modern kelistrikan. Saat melakukan berbagai percoban di tahun 1831, sang penemu listrik mendapati bahwa apabila magnet dilewati potongan kawat, maka aliran listrik masuk ke kawat, yang kemudian magnetnya berjalan.

Dari sini ia pun kemudian membuat kesimpulan bahwa perubahan pada medan magnet dapat menghasilkan medan listrik‘.

Kondisi tersebut dinamai pengaruh elektromagnetik yang juga temuan tersebut diberi nama Hukum Faraday. Temuan tersebut diakui sebagai temuan yang bersejarah dan hingga sekarang penemuan ini sangat bermanfaat sekali bagi semua orang di dunia. Jadi dengan penemuan dari Michael farady ini listrik yang dihasilkan dari kumparan yang dipengaruhi oleh gerakan medan magnet atau disebut dengan generator listrik sudah digunakan di seluruh dunia.

Jika di negara belanda sebagian besar menggunakan angin sebagai penghasil listrik untuk penggerak generator listrik, maka di Indonesia kita menggunakan kincir air sebagai penghasil listriknya. Karena memang cukup berpotensi menggunakan tenaga dari air ini mengingat indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia.

Pada umumnya generator listrik penghasil listrik akan dipasang di sungai berarus kencang, arus air sungai yang mengalir tersebut akan menggerakkan turbin air atau kincir air yang sudah terhubung dengan generator listrik sehingga listrik dapat dihasilkan dan kemudian listrik yang dihasilkan oleh kincir air ini akan diolah lagi oleh PLN supaya dapat digunakan untuk masyarakat.

Jadi gimana sudah mengertikan asal mula listrik itu dan bagaimana listrik itu dihasilkan ?

Kesimpulannya adalah listrik tersebut dihasilkan oleh generator pembangkit listrik yang memanfaatkan tenaga dari alam seperti air, angin atau dari sumber tenaga alam lainnya yang kemudian diproses lebih lanjut oleh PLN untuk disalurkan ke rumah-rumah masyarakat luas. Generator pembangkit listrik itu sendiri merupakan penerapan dari hukum faraday yang menyatakan bahwa medan magnet yang digerakkan dapat menghasilkan arus listrik dan begitu juga sebaliknya.


Oke sekian untuk artikel kali ini dan semoga bermanfaat.


 
close